Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Apresiasi Peran Unair dalam Penanganan Covid-19, Airlangga Yakin Vaksin Merah Putih Akan Lanjut ke Fase Uji Klinis

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 30 Juli 2021, 22:58 WIB
Apresiasi Peran Unair dalam Penanganan Covid-19, Airlangga Yakin Vaksin Merah Putih Akan Lanjut ke Fase Uji Klinis
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
Kabar gembira mengenai pengembangan Vaksin Merah Putih diterima Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto.

Dalam acara bertajuk “Dari Airlangga untuk Indonesia: Rekomendasi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga untuk Percepatan Penanganan Covid-19" ia menyampaikan Vaksin Merah Putih akan berlanjut ke tahap uji klinis.

"Pemerintah mengapresiasi inisatif Universitas Arlangga yang masuk dalam platform Vaksin Merah Putih bersama Eijkman. Dan vaksin ini mempunyai potensi untuk masuk ke dalam fase berikutnya," ujar Airlangga

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini juga mengapresiasi rekomendasi yang disusun oleh Forum Guru Besar Fakultas Kedokteran dari Universitas Airlangga, yang setelah ia perhatikan dan baca, isinya menjelaskan penanganan Covid-19 dari hulu sampai ke hilir, baik mengenai tenaga kesehatan maupun ketersediaan obat.

"Tentunya kami mengapresiasi dan Gebrak Covid-19 ini diperlukan untuk mengingatkan kepada seluruh stakeholder bahwa penanganan Covid-19 harus ditekan, diselenggarakan, dirasakan dan sangat berpengaruh terhadap masyarakat," tuturnya.

Lebih lanjut, Airlangga berharap peranan unsur-unsur akademik di Indoensia dalam penanganan pandemi, khususnya terkait pengembangan vaksin secara mandiri, bisa diperkuat lebih luas lagi.

"Pemerintah juga berharap kerjasama antara perguruan tinggi dengan Biotis diakselerasi agar Indonesia memiliki double engine yang tidak hanya berbasis BUMN tetapi juga kerjasama antara perguruan tinggi dengan pihak swasta," tandasnya.

Pengembangan Vaksin Merah Putih dilakukan Lembaga Biologi Molkuler (Eijkman) dengan bekerjasama dengan perguruan tinggi yang salah satunya Universitas Airlangga.

Vaksin itu dikembangkan Eijkman sejak April 2020 lalu dan diprediksi akan mulai dilakukan uji klinis pada akhir 2021.

Adapun uji praklinik tahap satu Vaksin Merah Putih juga dilakukan Universitas Airlangga, yang dalam laporan terakhir di bulan Mei kemarin dipaparkan hasilnya menunjukkan tren baik.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA