Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Buka National Leadership Camp III, Ketum DPP Gemura: Pemuda adalah Tulang Punggung Peradaban

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 31 Juli 2021, 00:17 WIB
Buka National Leadership Camp III, Ketum DPP Gemura: Pemuda adalah Tulang Punggung Peradaban
Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Muda Nurani Rakyat (DPP Gemura) membuka Acara National Leadership Camp III secara daring/Ist
Peranan pemuda sangat penting dalam menjaga kedaulatan bangsa serta memagari negara melalui nilai-nilai Pancasila.

Demikian ditegaskan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Muda Nurani Rakyat (DPP Gemura), Oktasari Sabil saat membuka Acara National Leadership Camp III sebagai salah satu program organisasinya di seluruh Indonesia secara daring, Jumat (30/7).

Dalam kesempatan tersebut, Oktasari Sabil berharap para pemuda, termasuk kader Gemura dapat memahami lebih mendalam tentang peran dan fungsi pemuda dalam menjaga kedaulatan bangsa.

"Indonesia sekarang sedang menghadapi bonus demografi, sehingga menjadi penting menakar nilai-nilai nasionalisme anak-anak muda dalam menghadapi tantangan global," kata Oktasari.

Di dalam diskursus geopolitik, Indonesia sudah menjadi bagian dari komunitas global dalam menghadapi berbagai faktor eksternal yang semakin kompleks.

Isu global kini tidak lagi berbicara tentang perebutan wilayah, tetapi sudah lebih jauh berkembang pada globalisasi ekonomi.

"Belum lagi soal ancaman transnasional seperti terorisme dan radikalisme, masalah lingkungan hidup hingga potensi kesenjangan sosial, ekonomi, politik serta ketegangan global sebagai dampak perkembangan industri 4.0," tegasnya.

Masalah dan tantangan tersebut pun dikhawatirkan akan menggerus ketahanan nasional. Sebab, ancaman ketahanan nasional tidak hanya masalah ideologi, tetapi ada banyak hal lain yang harus dijaga keseimbangnya.

"Pemuda adalah tulang punggung peradaban. Kita adalah masa depan Indonesia. Jangan wariskan kehidupan yang buruk kepada anak cucu kita kelak. Mari perkuat diri, bersinergi membangun negeri negeri dengan hati nurani," tutup Oktasari.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA