Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puan Warning Kondisi Pandemi RI: Belajar dari Pengalaman, Jangan Terulang Seperti Jawa-Bali Kemarin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 31 Juli 2021, 13:58 WIB
Puan <i>Warning</i> Kondisi Pandemi RI: Belajar dari Pengalaman, Jangan Terulang Seperti Jawa-Bali Kemarin
Ketua DPR RI, Puan Maharani/Net
rmol news logo Penanganan pandemi Covid-19 oleh pemerintah diwanti-wanti Ketua DPR RI, Puan Maharani.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Puan memberikan peringatan (warning) kepada pemerintah agar tetap membuat langkah mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, khususnya untuk wilayah luar Pulau Jawa dan Bali.

Pasalnya, Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan perkembangan lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di sejumlah wilayah luar Pulau Jawa dan Bali.

"Belajar dari pengalaman, jangan sampai terjadi lagi situasi seperti yang terjadi di Pulau Jawa dan Bali, kemarin," tegas Puan, di Jakarta, Jumat (30/7).

Menurut perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR ini, kondisi fasilitas dan tenaga kesehatan (nakes) luar Jawa yang tidak sebaik di Jawa, harus benar-benar menjadi kesadaran para pengambil kebijakan dan pelaksana di lapangan untuk menyiapkan upaya mitigasi lonjakan kasus.

"Pencegahan harus makin dioptimalkan. Sosialisasi dan vaksinasi. Jangan tunggu jatuh korban dan layanan kesehatan pontang-panting lagi karena Covid-19," kata Puan.

Salah satuyang diminta Puan untuk diperhatikan pemerintah adalah mempercepat vaksinasi. Fokus vaksinasi, menurutnya, sudah seharusnya merata di seluruh wilayah Indonesia, tidak lagi hanya di Pulau Jawa dan Bali.

"Kemarin fokus di Jawa dan Bali karena kasus memang sedang tinggi. Sekarang, Presiden menyampaikan bahwa data kasus di Jawa dan Bali melandai. Fokus harus diperluas sampai ke luar dua pulau tersebut," tegas Puan.

Semakin cepat target vaksinasi nasional terwujud, lanjut mantan Menko PMK ini, risiko terpapar dan kematian karena Covid-19 akan semakin kecil. Saat itu pula pemulihan ekonomi bisa dilakukan.

Selain itu, Puan juga menilai pendataan kesiapan dan kapasitas layanan kesehatan, mulai dari fasilitas hingga nakes, sangat mendesak dilakukan dan diperbarui saat ini, khususnya untuk luar Pulau Jawa dan Bali yang mengalami peningkatan.

"Jangan tunggu kasus makin melonjak dulu. Jangan tunggu kekurangan fasilitas dan nakes dulu," tegas Puan.

Hal serupam diharapkan Ketua DPP PDIP ini, juga harus dilakukan untuk ketersediaan obat-obatan terapi yang diperlukan untuk pasien Covid-19 yang dirawat di rumahbsakit (RS) maupun yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

"Rakyat sudah bersabar dan berjuang selama berlaku aneka pembatasan. Jangan sampai momentum kasus yang terpantau melandai di Pulau Jawa dan Bali hanya menandakan perpindahan lokasi kasus ke wilayah yang kondisi layanan kesehatan dan nakes-nya lebih banyak tantangan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA