Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Anies Baswedan: Kasus Aktif Covid-19 Turun Adalah Hasil Usaha Masyarakat

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 31 Juli 2021, 18:43 WIB
Anies Baswedan: Kasus Aktif Covid-19 Turun Adalah Hasil Usaha Masyarakat
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/Net
Penurunan kasus aktif Covid-19 yang drastis selama sepekan terakhir di wilayah DKI Jakarta dianggap sebagai peran masyarakat.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan begitu, dalam keterangan pers virtual yang diunggah akun Youtube Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (31/7).

Anies bersyukur, karena kasus aktif Covid-19 di Jakarta yang pernah mencapai 113 ribu pada tanggal 16 Juli yang lalu kini turun di angka 19 ribu kasus

"Alhamdulillah kini sudah turun menjadi 19 ribu kasus aktif, ini artinya kita lebih rendah dibandingkan gelombang pertama pada bulan Februari yang lalu," ujar Anies dikutip Kantor Berita Politik RMOL.

Selain penurunan kasus aktif, kata Anies, tren pemakaman dengan protokol Covid-19 juga turun. Tepatnya, saat ini sekitar 150 pemakaman dengan protokol Covid-19 perhari atau turun dari sebelumnya yang bisa mencapai 350 sampai 400 kali pada dua pekan lalu.

"Tren kematian isoman juga menurun. Saat ini kurang dari lima (kasus) setiap harinya, sebelumnya pernah sampai 75 kematian sehari," sambungnya.

Lanjut Anies, tren positif juga namak dari tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate) pasien di rumah sakit yang turun menjadi di angka 70 persen.

Kemudian, antrean di IGD juga terurai disertai positivity rate saat ini  berada di kisaran 15 persen di mana sebelumnya pernah mencapai 45 persen.

Keberhasilan itu, kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, adalah hasil usaha banyak pihak, termasuk masyarakat yang mengurangi mobilitas dan menjaga protokol kesehatan selama PPKM Darurat.

"Saya ingin sampaikan kepada semuanya terima kasih, apresiasi, ini adalah hasil kerja bersama kita semua," tandasnya.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA