Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kominfo Siapkan Kampus Digital STMM Yogyakarta Untuk Ciptakan SDM Bertalenta di Era 4.0

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 31 Juli 2021, 23:28 WIB
Kominfo Siapkan Kampus Digital STMM Yogyakarta Untuk Ciptakan SDM Bertalenta di Era 4.0
Menteri Kominfo Johnny G. Plate alam Kuliah Umum Virtual Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) STMM Yogyakarta dari Jakarta, Sabtu, 31 Juli/Repro
rmol news logo Pembanguanan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap mengembangkan industri digital dalam negeri disiapkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan menyiapkan kampus khusus.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan, pihaknya menyiapkan Sekolah Tinggi Multimedia (STMM) MMTC Yogyakarta untuk menjadi kampus digital yang menjamin masa depan anak bangsa.

"Hal ini untuk mendukung Indonesia memasuki industri 4.0 dan era transformasi digital yang dipercepat prosesnya karena adanya peristiwa pandemi Covid-19," ujar Johnny dalam Kuliah Umum Virtual Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) STMM Yogyakarta dari Jakarta, Sabtu (31/7).

Johnny menilai, pemerintah kini memerlukan SDM digital andal yang bisa berperan menghadapi perkembangan teknologi digital. Sehingga, perguruan tinggi perlu mengubah program studi, kurikulum, dan karakter dosen.

"Karena sudah kita ketahui bersama, bahwa perkembangan teknologi digital telah mengubah berbagai sendi kehidupan, termasuk sumber daya manusia dan tenaga kerja," imbuhnya.

Bekas legislator Partai Nasdem ini memprediksi, di masa depan banyak pekerjaan akan berubah bahkan hilang, sehingga setiap orang juga perlu berubah dan menyesuaikan diri dengan banyak jenis pekerjaan baru yang tumbuh.

"Kita perlu ingat bahwa Robots could take humans job’s, but Robots will also create jobs for humans. Seolah-olah sekarang internet sudah seperti oksigen.Sangat penting bagi kita, ada internet kita bekerja dengan normal. Namun ketika tidak ada, maka kita merasa kehilangan suatu yang sangat esensial dalam hidup," jelasnya.

Lebih lanjut, Johnny menyampaikan Kepada mahasiswa baru pesan Presiden, yang menginginkan STMM Yogyakarta menjadi perguruan tinggi yang mensuplai tenaga-tenaga digital.

"Pesan Bapak Presiden untuk perbanyak kampus digital untuk melengkapi STMM, mengembangkan STMM menjadi Institut Digital Nasional University (IDN-U), pengembangan kampus di 7 lokasi lain," ungkap Johnny.

"Serta menyiapkan instrumen pendukungnya seperti Perpres, PM, KM, PKS, Izin, dan sebagainya. Adapun draf Perpres dan RKM sudah dirapatkan antarkementerian," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA