Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Golkar Apresiasi Inisiatif dan Gotong Royong Warga Hadapi Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Minggu, 01 Agustus 2021, 01:20 WIB
Golkar Apresiasi Inisiatif dan Gotong Royong Warga Hadapi Pandemi
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Bobby Rizaldi/Net
rmol news logo Kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam mengatasi pandemi Covid-19. Partai Golkar mengapresiasi inisiatif dan partisipasi masyarakat untuk saling membantu dan bahu membahu agar keluar dari masa krisis. Salah satunya lewat Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen dan penyediaan tabung oksigen.

Demikian disampaikan anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Bobby Rizaldi dalam dialog live Instagram bersama akun @Golkar2024 bertajuk ‘Tularkan Virus Kebaikan’, Jumat (30/7).

“Kami sangat mengapresiasi antusiasme warga untuk saling bergotong royong membantu warga lainnya," kata Bobby dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/7).  

Gotong royong ini mulai dari memberikan makanan kepada tetangga yang menjadi pasien Covid-19 hingga membuat gerakan masyarakat, seperti Gerakan Sejuta Tes yang menjangkau ke daerah-daerah dengan sosialisasi yang masif. "Ini sangat bagus,” ujarnya.

Terlebih, kata Bobby, antusiasme masyarakat ini membangun optimisme dan semangat gotong royong dalam menghadapi pandemi. Ia menilai gerakan kerelawanan sosial dan ekonomi ini sangat membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

“Apalagi gerakan ini juga meluas dengan meminjamkan tabung oksigen kepada warga yang menjalani isolasi mandiri. Jadi apa yang dilakukan ini sangat luar biasa, contohnya tabung oksigen itu perlu skill, bagaimana mengisinya, bisa mengukur kadar oksigen dan memasukkan oksigennya ada risiko, dan memerlukan teknis tertentu. Memang pada saat pandemi sekarang ini, semua bentuk bantuan itu diperlukan masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bobby mengatakan, penanganan pandemi ini tidak akan berhasil tanpa dukungan serta kesadaran dan partisipasi masyarakat.

“Untuk itu, mari kita dukung kebijakan pemerintah. Ini adalah satu-satunya cara merdeka dari pandemi. Karena pemerintah tidak akan berhasil kalau tidak didukung oleh rakyatnya,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Koordinator Tim Kerja Gerakan Sejuta Tes, Alif Iman Nurlambang mengatakan, dalam menanggulangi pandemi ini diperlukan solidaritas bersama antara masyarakat dan pemerintah untuk saling menjaga.

“Karena kita paham yang dilakukan pemerintah sudah sangat berat untuk lakukan tracing, testing dan treatment sampa bantuan. Pemerintah tidak bisa sendirian. Jadi mari kita kerjakan bersama-sama,” ujar Alif.

Menurut Alif, salah satu kunci untuk keluar dari pandemi adalah menyelamatkan diri masing-masing. “Kalau 200 juta masyarakat Indonesia berusaha menyelamatkan dirinya, kita akan selamat. Kalau 7 miliar masyarakat di dunia menyelamatkan dirinya, kita akan selamat. Caranya bagaimana? Semua ahli epidemiologi telah menyampaikannya, yaitu menganjurkan protokol kesehatan yang ketat untuk selamat. Saat ini, hanya itu yg harus kita lakukan,” tutupnya.

Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia merupakan sebuah gerakan solidaritas yang diprakarsai oleh sejumlah warga dari berbagai profesi yang ikut mendukung penanganan pandemi Covid-19 dengan meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan melakukan testing Covid-19 di Indonesia. Seiring perkembangan situasi, gerakan ini turut membuka layanan peminjaman tabung oksigen gratis bagi pasien Covid-19 yang berada di kawasan Jabodetabek.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA