Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Taruna Merah Putih Kembali Sebar 1.000 Paket Sembako di Jabodetabek

LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Minggu, 01 Agustus 2021, 11:52 WIB
Taruna Merah Putih Kembali Sebar 1.000 Paket Sembako di Jabodetabek
Kader TMP saat akan membagikan paket sembako di Kota Depok/Net
Gerakan kemanusiaan kembali dilakukan Taruna Merah Putih, yang merupakan organisasi sayap PDI Perjuangan, di tengah pandemi Covid-19. Gerakan kemanusiaan ini digelar melalui pemberian bantuan berupa paket sembako masker bagi warga terdampak.

Baksos diselenggarakan oleh DPP Taruna Merah Putih (TMP) yang digawangi oleh Maruarar Sirait selaku Ketua Umum, Restu Hapsari sebagai Sekjen, dan Agung Rai Wirajaya selaku Bendahara Umum bersama para pengurus dan kader Taruna Merah Putih di wilayah Jabodetabek.

Sekjen DPP TMP Restu Hapsari menjelaskan bahwa baksos Taruna Merah Putih Tahap III menyasar komunitas anak muda lintas agama atau kepercayaan, para tenaga kesehatan (nakes), dan penggali kubur yang berdomisili di Jabodetabek. Terutama, yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19.

"Kegiatan baksos ini sebagai bentuk gotong-royong menghadapi dampak pandemi Covid-19," ujarnya kepada wartawan, Minggu (1/8).

Aksi dipusatkan di Jabodetak karena wilayah ini masih menjadi epicentrum pandemi Covid-19, sehingga menjadi daerah sasaran baksos.

Pada hari ini, kata dia, selama satu hari penuh dilakukan distribusi bantuan ke-13 kabupaten/kota di Jabodetabek.

Daerah yang disasar tersebut adalah Kotamadya Jakarta Pusat, Kotamadya Jakarta Barat, Kotamadya Jakarta Timur, Kotamadya Jakarta Utara, Kotamadya Jakarta Selatan, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Total sebanyak 1.000 paket disiapkan dalam tahap III. Di mana sebelumnya bantuan juga sudah dibagikan pada 17 hingga 18 Juli 2021 dan 24 hingga 25 Juli 2021 sebanyak 2.000 paket. Distribusi bantuan mengikuti prokes Covid-19 yang ketat. Total bantuan dengan tahap sebelumnya ada 3.000 paket.

Restu turut menyampaikan uccapan terima kasih kepada DPC dan DPD PDI Perjuangan setempat yang selalu mendampingi para kader TMP dalam penyaluran paket bantuan.

"Semoga kegiatan ini menjadi sumbangsih yang berarti baik bagi warga yang menerima bantuan maupun bagi partai. Taruna Merah Putih sebagai organisasi sayap PDI Perjuangan akan selalu siap terlibat aktif bersama partai dan masyarakat," tegasnya.

Lebih lanjut, dia juga meminta masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi agar herd immunity atau kekebalan komunal bisa cepat terwujud. Selain itu, masyarakat juga tetap diminta disiplin 5 M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

DPP TMP juga merencanakan akan ada beberapa kegiatan baksos lagi di bulan Agustus 2021. Sasaran wilayah baksos akan diperluas ke Jawa Barat, utamanya di kabupaten/kota yang masih menerapkan kebijakan PPKM level IV dan level III.

"Diperlukan keseimbangan antara solusi kesehatan dan solusi ekonomi untuk menyelesaikan berbagai masalah akibat pandemi Covid-19. Harapannya semakin banyak yang bergotong-royong maka akan semakin banyak yang tertolong," katanya.

Lebih lanjut, Restu menegaskan bahwa upaya pencegahan pandemi Covid-19 dan berbagai rangkaian aksi kemanusian ini merupakan napas perjuangan partai yang ditegaskan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan.

"Kami mengikuti arahan Ketum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri yang juga dipertegas oleh Sekjen PDI Perjuangan Bapak Hasto Kristiyanto untuk terus bergotong-royong membantu rakyat yang tengah nengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19," tutupnya.

ARTIKEL LAINNYA