Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Alasan Kepala BIN Jadikan Pondok Pesantren Prioritas Vaksinasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 01 Agustus 2021, 13:59 WIB
Alasan Kepala BIN Jadikan Pondok Pesantren Prioritas Vaksinasi
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para santri di Pondok Pesantren Ummul Qura, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (1/8)/Net
rmol news logo Pendidikan religius pada santri menjadikan pondok pesantren ujung tombak ketahanan NKRI dalam kehidupan yang nasionalis dan toleran.

Begitu dikatakan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para santri di Pondok Pesantren Ummul Qura, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (1/8).

Budi Gunawan mengatakan, kegiatan ini selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo ihwal vaksinasi di kalangan pelajar. Dia menyebutkan, vaksinasi di pesantren merupakan salah satu prioritas BIN.

"Pondok pesantren merupakan ujung tombak ketahanan kita, karena di sinilah para generasi muda dididik untuk aspek religius, kemudian nasionalis, dan toleran," ujar Budi Gunawan.

"Ketahanan NKRI kita ada di sini, sehingga ini menjadi prioritas kita," sambungnya.

Budi Gunawan menjelaskan, total ada 7.000 vaksinasi yang hendak digelar BIN hari ini. Jumlah tersebut tersebar di wilayah Banten, Jawa Barat, hingga Jawa Timur.

"Hari ini kami masuk di beberapa titik di provinsi Banten, yaitu di Tangerang kemudian juga di Pandeglang. Kemudian di Bekasi juga ada tiga titik pondok pesantren. Termasuk di Jawa Timur, ada lima pondok pesantren yang kita datangi untuk melakukan program itu" jelasnya.

Lebih lanjut, Budi Gunawan juga mengungkap alasan dipilihnya ketiga wilayah tersebut. Menurutnya, BIN memilih lokasi vaksinasi yang berada di kawasan zona hitam penyebaran Covid-19.

"Spot-spot ini kita pilih karena lonjakan angka positif ratenya cukup tinggi dan sudah menjadi zona hitam. Sehingga kami masuk di tiga titik tersebut," katanya.

Dalam kesempatan sama, Pimpinan Ponpes Ummul Qura, KH. Syarif Rahmat mengucapkan terima kasih terhadap BIN. Dia berharap, semua pihak saling bahu-membahu berperang melawan virus corona.

"Saya berharap kepada saudara-saudara saya para kiai, para ulama, para guru dan seluruh pendidik, masyarakat, untuk bahu membahu tolong menolong dan menyampaikan bahwa saatnya kita berperang. Tidak boleh berbeda pendapat," tuturnya.

Selain meninjau vaksinasi di Ponpes tersebut, Budi Gunawan juga meninjau vaksinasi door to door di lokasi sekitar serta memberikan bantuan sosial berupa paket sembako untuk warga sekitar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA