Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korban Covid-19 Berjatuhan, Yusril Minta Pemerintah Renungkan Ulang Amanat Konstitusi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 02 Agustus 2021, 13:53 WIB
Korban Covid-19 Berjatuhan, Yusril Minta Pemerintah Renungkan Ulang Amanat Konstitusi
Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra/Net
rmol news logo Pemerintah perlu merenungkan ulang mengenai amanat konstitusi di tengah banyaknya korban meninggal akibat Covid-19, baik dari kalangan tenaga kesehatan (nakes) maupun masyarakat umum.

"Pemerintah harus merenungkan ulang amanat konstitusi bahwa negara ini kita dirikan untuk melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia," ujar Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (2/8).

Menurut Yusril, memperoleh pelayanan kesehatan ketika seseorang sakit adalah hak asasi manusia yang dijamin dalam UUD 1945. Hal itu pula yang ia sampaikan di acara Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang diikuti hampir 2 ribu dokter dan pengamat, Sabtu malam (31/7).

"Kewajiban untuk melindungi hak-hak itu ada pada negara. Karena itu, masalah ini amat serius di negara ini sehingga mendapat banyak sorotan dari dalam maupun luar negeri," kata Yusril.

Dengan demikian, Yusril meminta semua lembaga yang berwenang melakukan pengawasan terhadap penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah.

"Karena berkaitan langsung dengan tujuan pembentukan negara dan jaminan pelaksanaan hak asasi manusia. Pemerintah tidak akan bekerja baik tanpa pengawasan yang baik juga," pungkas Yusril. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA