On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Katanya Kasus Positif Covid-19 Menurun, tapi Pemerintah kok Gamang Tetapkan Nasib PPKM?

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 02 Agustus 2021, 18:42 WIB
Katanya Kasus Positif Covid-19 Menurun, tapi Pemerintah kok Gamang Tetapkan Nasib PPKM?
Ilustrasi kesedihan keluarga pasien Covid-19 yang meninggal dunia dalami prosesi pemakaman/Repro
Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan Level 4 kadaluarsa Senin ini (2/8) setelah diterapkan sejak tanggal 26 Juli.

Tetapi, langkah intervensi selanjutnya belum juga ditetapkan pemerintah hingga usai Rapat Terbatas Presiden Joko Widodo bersama jajaran menterinya digelar pagi tadi.

Kegamangan nasib PPKM ini coba dikonfirmasi Kantor Berita Politik RMOL kepada Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Redaksi menghubungi Jurubicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, namun hingga kini belum ada jawaban mengenai kejelasan PPKM.

Padahal, dalam jumpa pers usai Ratas pagi tadi, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengklaim angka kasus positif harian Indonesia sudah menurun.

Ia bahkan mengklaim kondisi pandemi di dalam negeri terlihat baik jika dibandingkan dengan kondisi yang terjadi di Amerika Serikat.

"Sekarang banyak di negara-negara lain, seperti di Amerika, naiknya sudah di atas 100 ribu. Jadi Bapak Presiden menekankan bahwa kita bersyukur kerja keras kita sudah berhasil menurunkan angka konfirmasi dan tekanan di rumah sakit," tuturnya.

Sementara berdasarkan penelusuran Kantor Berita Politik RMOL, kasus konfirmasi positif Covid-19 yang melonjak di Amerika terjadi pada tanggal 30 Juli lalu, yaitu mencapai 122.674 kasus dalam sehari.

Tetapi pertambahakan kasus positif Covid-19 di Amerika Serikat pada keesokan harinya, yakni tanggal 31 Juli, angkanya langsung menurun drastis menjadi 29.692 kasus dalam sehari.

Kemudian pada tanggal 1 Agustus kemarin, tambahan kasus positif Covid-19 di negeri Paman Sam kembali turun ke angka 23.139 kasus dalam sehari.

Sementara di Indonesia, hingga tanggal 1 Agustus kemarin angka tambahan kasus positif Covid-19 masih berada di kisaran 30.738 kasus dalam sehari.

Baru hari ini tanah air kedapatan tambahan kasus positif sebanyak 22.404 orang, itu pun ditemukan dari hasil pemeriksaan terhadap 106.785 orang dan 151.216 spesimen.

Adapun jika dilihat dari jumlah orang yang meninggal, sejak 7 Juli lalu angkanya masih berada di atas seribu kasus.

Pada hari ini jumlah kematian Covid-19 masih bertambah sebanyak 1.568 orang.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA