Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Angka Kasus Positif Menurun, Jokowi Perpanjang PPKM hingga 9 Agustus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 02 Agustus 2021, 19:24 WIB
Meski Angka Kasus Positif Menurun, Jokowi Perpanjang PPKM hingga 9 Agustus
Presiden Joko Widodo/Repro
rmol news logo Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan Level 4 diputuskan diperpanjang oleh Presiden Joko Widodo.

Jokowi mengaku sudah melihat perbaikan kondisi pandemi setelah diberlakukannya PPKM Level 3 dan Level 4, yang berlangsung sejak tanggal 26 Juli hingga 2 Agustus.

"(PPKM 26 Juli-2 Agustus) telah memberikan perbaikan dalam skala nasional dibandingkan sebelumnya, baik dalam hal konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan dan persentase BOR (bed occupancy rate)," ujar Jokowi dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (2/8).

Dari situ, Jokowi akhirnya memutuskan untuk memperpanjang PPKM Level 3 dan Level 4 hingga seminggu ke depan.

"Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 3 sampai 9 Agustus 2021," ucapnya.

Namun begitu, Jokowi menyatakan bahwa PPKM Level 3 dan Level 4 ini hanya diterapkan di sejumlah daerah yang masih memiliki indikator tertentu sehingga diperlukan pembatasan kegiatan masyarakat.

"(PPKM diberlakukan) di beberapa kabupaten/kota tertentu dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi masing-masing daerah," papar Jokowi.

"Hal-hal teknis selanjutnya akan dijelaskan menko (menteri koordinator) dan menteri terkait," tandasnya.

Pada hari ini, kasus positif bertambah sebanyak 22.404 orang. Sedangkan angka tambahan kasus sembuh lebih tinggi yaitu mencapai 32.807 orang.

Secara total, kasus sembuh di Indonesia kini sudah sebanyak 2.842.345 orang atau sebanyak 82,1 persen dari total kasus positif positif Covid-19 nasional sebanyak 3.462.800 orang.

Selain itu, Satgas juga mencatat kasus aktif hari ini turun sebanyak 11.971 orang. Jika dilihat secara total, angkanya kini menjadi 523.164 orang atau sebanyak 15,1 persen dari total kasus positif.

Adapun untuk kasus meninggal hari ini, tambahannya masih cukup tinggi yakni mencapai 1.568 kasus. Jika dilihat totalnya, warga yang meninggal di Indonesia akibat Corona sudah mencapai 97.291 orang atau sebesar 2,8 persen dari total kasus positif.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA