Farah.ID
Farah.ID

Disiplin dan Bansos Tepat Sasaran Jadi Kunci Keberhasilan PPKM Level 4

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 03 Agustus 2021, 08:20 WIB
Disiplin dan Bansos Tepat Sasaran Jadi Kunci Keberhasilan PPKM Level 4
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay/Net
Keputusan pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 9 Agustus 2021 mendatang dinilai wajar.

Sebab, PPKM yang bertujuan untuk mengurangi mobilitas dan menghentikan laju penyebaran Covid-19 masih dibutuhkan.

Demikian disampaikan anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Selasa (3/8).

Perpanjangan PPKM setidaknya bisa memastikan agar warga masyarakat tetap menjaga diri agar tidak menghadiri dan membuat kerumunan. Penularan harus dihindari dan diantisipasi

"Kuncinya adalah kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan," imbuhnya.

Namun begitu, Ketua Fraksi PAN DPR RI ini menilai perlu adanya penyempurnaan kebijakan seiring perpanjangan PPKM Level 4 ini. Paling tidak, harus diupayakan bagaimana agar masyarakat patuh dan taat dengan aturan yang diterapkan dengan cara-cara yang humanis.

"Penegakan kedisiplinan harus dilakukan secara tegas dengan cara-cara humanis. Dibutuhkan pendekatan persuasif dan partisipatoris dari semua anggota masyarakat," ujar Saleh.

Selain itu, penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang terdampak juga harus dipastikan tepat sasaran.

Sebab, fakta bahwa kebijakan PPKM telah membawa dampak tidak baik bagi perekonomian masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang usahanya terganggu sehingga penghasilan menurun dan kebutuhan rumah tangganya tidak tercukupi.

"Nah, jaring pengaman sosial dalam bentuk bansos dan subsidi harus disalurkan secara baik dan tepat sasaran. Daerah-daerah yang memberlakukan kebijakan PPKM harus segera menyalurkan bantuan yang dibutuhkan masyarakat secara merata dan berkeadilan,” tutupnya.

ARTIKEL LAINNYA