Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Beda Tipis dengan Prabowo, Jika Pilpres Hari Ini Elektabilitas Anies Baswedan 17 Persen

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 03 Agustus 2021, 22:46 WIB
Beda Tipis dengan Prabowo, Jika Pilpres Hari Ini Elektabilitas Anies Baswedan 17 Persen
Potret survei Indostrategic terkait elektabilitas Capres 2024/Repro
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapatkan tingkat elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden (Capres) potensial di 2024. Namun, elektabilitas Prabowo beda tipis dengan Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan di posisi runner-up.

Demikian hasil temuan survei Indostrategic bertema "Mengukur Elektabilitas Capres Potensial, Partai Politik & Aspirasi Perubahan Sistem Pemilu 2024" dengan quisioner jika Pilpres diadakan hari ini siapa sosok yang akan dipilih.

"Jika Pemilu dilaksanakan hari ini, tokoh dengan elektabilitas tertinggi adalah Prabowo Subianto (17,5 Persen), disusul Anies Baswedan (17,0 Persen)," ujar Direktur Eksekutif Indostrategic Ahmad Khairul Umam saat memaparkan hasil surveinya, Selasa (3/8).

Umam melanjutkan, pada posisi ketiga ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan perolehan 8,1 persen dan urutan keempat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan 7,0 persen.

Pada urutan berikutnya ada nama Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno dengan raihan 6,8 persen. Disusul Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan 6,4 persen.

"Lalu Tri Rismaharini (4,1 persen), Gatot Nurmantyo (1,8 persen), Khofifah Indar Parawansa (1,8 persen), dan Erick Thohir (1,0 persen)," demikian Umam.

Survei Indostrategic ini menggunakan metode Multi-Stage Random Sampling yang melibatkan jumlah sampel 2400 orang responden di 34 provinsi dengan margin of error 2 persen.

Survei digelar sejak tanggal 23 Maret-1 Juni 2021 dengan tetap berusaha mengedepankan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19. 

ARTIKEL LAINNYA