Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Diatensi UNESCO, Susi Pudjiastuti Memohon Menteri Sandiaga Jaga Keberlanjutan Komodo

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 04 Agustus 2021, 07:57 WIB
Diatensi UNESCO, Susi Pudjiastuti Memohon Menteri Sandiaga Jaga Keberlanjutan Komodo
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti/Net
Harapan besar disampaikan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti agar Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur tetap terjaga kelestariannya.

Hal tersebut disampaikan Susi seiring permintaan Komite Warisan Dunia (WHC) UNESCO kepada pemerintah Indonesia untuk menghentikan seluruh pembangunan proyek hingga pemerintah mengumpulkan revisi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) yang ditinjau oleh Uni Internasional Konservasi Alam (IUCN).

Kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Susi meminta agar kelestarian Pulau Komodo tetap terjaga.

"Tolong Pak Sandi, gunakan semua wewenang Anda untuk memastikan keberlanjutan Komodo dan semua sumber daya di tempatnya," ujar Susi yang ia tulis di akun Twitternya menggunakan bahasa Inggris, Selasa (3/8).

Di sisi lain, Sandiaga telah merespons anjuran WHO dengan meminta dokumen Konvensi tentang Perlindungan Warisan Budaya dan Alam Dunia bernomor WHC/21/44.COM/7B yang menjadi pegangan WHO dalam menyoroti Taman Nasional Komodo.

“Saya sedang meminta minute of meeting dari UNESCO tersebut dan saya enggak ingin ‘katanya, katanya’. Tapi saya ingin melihat secara detail, riil, dan membahas line by line," tegas Sandiaga.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA