Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Singgung Warna Pesawat Kepresidenan Era SBY, Politikus PDIP: Jangan Sampai Publik Terbawa Permainan Politik

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 04 Agustus 2021, 13:39 WIB
Singgung Warna Pesawat Kepresidenan Era SBY, Politikus PDIP: Jangan Sampai Publik Terbawa Permainan Politik
Pesawat Kepresidenan saat masih bewarna biru/Net
Pengecatan ulang (repainting) pesawat Kepresidenan yang diubah warnanya dari biru menjadi merah putih, menuai protes banyak pihak.

Sejumlah politisi dan pegiat aviasi menganggap repainting tersebut sebagai sesuatu yang memboroskan anggaran negara, karena bangsa kini tengah dihadapkan situasi sulit akibat pandemi Covid-19.

Namun, anggapan berbeda disampaikan Politikus PDI Perjuangan (PDIP), Arteria Dahlan, yang justru melihat sisi lain dari maksud dan tujuan kritik terhadap pengecatan ulang pesawat kepresidenan.

Menurutnya, warna yang sekarang melekat di pesawat yang biasa digunakan Presiden Joko Widodo mengelilingi Indonesia itu adalah gambaran dari bendera merah putih, sehingga ia meminta publik tidak menganggap yang aneh-aneh.

"Jangan sampai publik terbawa permainan politik pihak-pihak yang merasakan post colour syndrome, yang merupakan pelesetan dari post power syndrome atau sindrom pasca kekuasan yang terjadi karena tak bisa melepaskan diri dari kekuasaan yang sudah hilang," ucap Arteria lewat keterangan persnya, Rabu (4/8).

Arteria tidak melihat sesuatu yang salah dari pengecatan ulang pesawat kepresidenan menjadi warna merah putih. Karena di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pesawat yang dipesannya bewarna biru yang tidak menunjukkan simbol warna negara.

"Kalau mau kita jujur dan hadirkan perdebatan yang harusnya dipermasalahkan itu dulu zamannya Pak SBY, kok pesannya warnanya biru, padahal memungkinkan untuk memesan warna merah putih. Tapi kan kami beradab dan berpikiran positif saja," tuturnya.

Karena itu, Arteria menegaskan bahwa warna merah putih yang menjadi unsur utama di pesawat kepresidenan sekarang ini adalah penegasan dari simbol negara.

"Warna bendera negara kita kan merah putih, bukan warna biru. Justru kita bertanya, kok dulu tak sejak awal pesawat itu diwarnai merah putih?" tegasnya.

"Lalu apa yang salah dengan warna pesawat kepresidenan jika diubah menjadi merah putih sesuai warna bendera negara kita?" tandasnya.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA