Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terima Bantuan Oksigen dari India, Menko Airlangga: Menghadapi Pandemi Covid-19 Butuh Solidaritas Antar Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 04 Agustus 2021, 14:33 WIB
Terima Bantuan Oksigen dari India, Menko Airlangga: Menghadapi Pandemi Covid-19 Butuh Solidaritas Antar Negara
Bantuan dari Pemerintah India berupa Liquid Medical Oxygen (LMO) yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada Sabtu, 24 Juli/Repro
rmol news logo Kebutuhan oksigen untuk penanganan Covid-19 di Indonesia dibantu oleh negara tetangga India, dan disambut baik oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bantuan oksigen dari India tersebut dikirim menggunakan Kapal Perang India INS Airavat L24. Gerakan pemerintah India ini disebut sebagai “Operation Samudra Setu" untuk melakukan misi melawan Covid-19.

INS Airavat L24 yang telah berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok pada Sabtu (24/7) lalu, membawa bantuan dari Pemerintah India berupa Liquid Medical Oxygen (LMO) sebanyak 100 MT dalam 5 tangki ISO Cryogenic dan 300 konsentrator oksigen bagi penanganan Covid-19 di Indonesia.

Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengatakan, selama ini India telah banyak membantu Indonesia dalam memenuhi suplai vaksin Astra Zeneca yang diproduksi di India melalui fasilitas multilateral COVAX.

Di samping itu, ia juga mengatakan bahwa sudah semestinya bangsa Indonesia memberikan kemampuan terbaik dalam membantu negara yang sedang mengalami gelombang hebat pandemi.

"Merupakan kehormatan bagi saya untuk menyampaikan bahwa sesuai dengan semangat persahabatan dua negara maritim yang bertetangga ini, Pemerintah India membalas sikap baik Indonesia dengan mengirimkan bantuan medis yang sangat dibutuhkan Pemerintah Indonesia di masa krisis saat ini,” ujar Airlangga dalam keterangan tertulis, Rabu (4/8).

Mantan Menteri Perindustrian ini juga menuturkan, inisiatif memberikan bantuan antar negara merupakan bentuk solidaritas. Tidak hanya dengan India, tetapi juga negara-negara lain seperti Singapura, Inggris dan Amerika Serikat.

"Ini sebagai pengingat bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19, kita harus menguatkan solidaritas dan terus bergandengan tangan sebagai sesama manusia agar pandemi ini bisa lebih mudah dihadapi dan dapat segera diakhiri," pungkasnya.

Pada kesempatan yang berbeda,  Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Khumar Bharti menyampaikan bentuk solidaritas Indonesia yang pernah dilakukan saat India mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Katanya, dalam upaya mengatasi pandemi yang melanda seluruh dunia dalam kurun waktu hampir dua tahun ini, solidaritas dan keterlibatan setiap negara untuk saling mendukung dalam menghadapi krisis dan lonjakan kasus Covid-19.

Hal itu, lanjut Manoj Umar Bharti, diwujudkan diantaranya dengan saling mengirimkan bantuan berupa peralatan kesehatan, obat-obatan, vaksin maupun oksigen.

"A friend in need is a friend indeed (Seorang teman yang membutuhkan adalah teman sejati)," ujar Manoj Umar Bharti saat mengapresiasi bantuan tabung oksigen dari Pemerintah Indonesia beberapa waktu lalu, ketika India berjuang melawan gelombang kedua Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA