Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Batu Sandungan Anies-AHY Harus Disingkirkan agar Hasil Survei Tak sekadar Angin Surga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 04 Agustus 2021, 19:15 WIB
Batu Sandungan Anies-AHY Harus Disingkirkan agar Hasil Survei Tak sekadar Angin Surga
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/Ist
rmol news logo Ada banyak batu sandungan yang harus disingkirkan jika ingin mewujudkan duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada 2024.

Demikian disampaikan Direktur Survey and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara menanggapi simulasi Pilpres 2024 dalam survei Indostrategic yang menempatkan pasangan Anies-AHY lebih unggul dari Prabowo-Puan.

"Anies-AHY akan tergantung setting akhir di 2024 nanti, termasuk ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold)," kata Igor kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (4/8).

Melihat kecenderungan ambang batas saat ini, Anies-AHY tidak akan cukup jika hanya disokong oleh Partai Demokrat. Butuh parpol lain, seperti Nasdem dan PKS yang sebelumnya sudah kepincut dengan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Hal lain yang patut dipertimbangkan adalah soal elektabilitas. Jika dilihat elektabilitas, kata Igor, maka komposisi yang pas adalah Anies diplot sebagai capres dan AHY sebagai cawapres. Hal ini bukan perkara mudah karena kedudukan AHY merupakan ketua umum partai yang pernah berkuasa selama 10 tahun.

"Problem dari AHY adalah elektabilitasnya tidak seperti bapaknya (SBY) di 2009 yang menyentuh angka premium 25 persen lebih. Sedangkan elektabilitas Anies jauh lebih moncer ketimbang AHY," kata Igor.

"Selain elektabilitas, syarat pencalonan kandidat juga harus terpenuhi (eligibilitas), yaitu punya kendaraan politik untuk mengusungnya," lanjut Igor.

Kandidat yang punya tingkat elektabilitas dan popularitas tinggi akan memberi efek ekor jas (coattail effect) bagi partai pengusungnya. Jika memang terwujud, belum tentu juga nanti di 2024 pasangan Anies-AHY bisa mengalahkan Prabowo-Puan.

"Walaupun politik itu 'the art of possibilities', agak sulit juga membayangkan jika Anies Baswedan yang diusung oleh Prabowo dan Gerindra di Pilkada DKI 2017 mau dan bertarung dengan mantan danjen kopassus tersebut," tandas Igor Dirgantara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA