Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bukan Settingan, Elektabilitas AHY Melejit Karena Kerja Politik Yang Dirasakan Rakyat

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 05 Agustus 2021, 13:52 WIB
Bukan Settingan, Elektabilitas AHY Melejit Karena Kerja Politik Yang Dirasakan Rakyat
Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono/Net
Semakin tingginya elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono memang telah terlihat sejak enam bulan yang lalu. Teranyar, hasil survei Indostrategic juga menunjukan peningkatan elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat itu.  

Pakar komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritongan mengatakan, terus menanjaknya elektabilitas AHY di beberapa lembaga survei menandakan tidak ada rekayasa alias settingan.

"Hasil survei dari beberapa lembaga survei yang kredibel juga memperlibatkan tren tersebut. Ini artinya, naiknya elektabilitas AHY bukan kebetulan atau hasil settingan untuk mempengaruhi pendapat umum," kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (5/8).

Menurut Jamil, terus meningkatnya kepercayaan publik terhadap AHY merupakan buah atas hasil kerja politik yang dirancang dan dilakukan sesuai dengan rencana.

"AHY rajin turun ke akar rumput dan bedialog langsung dengan berbagai lapisan masyarakat. AHY menyapa masyarakat tanpa sekat-sekat protokoler. Suasana informal dan cair membuat AHY lebih membumi saat berinteraksi dengan masyarakat," beber Jamil.

Disamping itu, lanjutnya, selama pandemi Covid-19, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu juga mengeluarkan berbagai kebijakan yang menyentuh kebutuhan masyarakat yang dijalankan serentak oleh seluruh DPD dan DPC Demokrat di Indonesia.

"AHY juga lebih memilih berkoalisi dengan rakyat daripada dengan pemerintah. Hal itu diimplementasikan oleh kader partai demokrat mulai dari DPP hingga ranting," tandas Jamil.

Tidak cukup sampai disitu, AHY juga meminta agar kader Demokrat mengkritisi semua kebijakan pemerintah yang dinilai tidak pro rakyat. Hal itu disuarakan secara intens sebagai wujud keberpihakan Partai Demokrat kepada rakyat.

"Semua kerja politik AHY itu tampaknya dilihat rakyat. AHY bekerja nyata tanpa banyak pencitraan. Kerja politik seperti itu kiranya yang diapreasi masyarakat yang tercermin pada peningkatan elektabilitas AHY," demikian Jamil.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA