Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Komisi I: Pertemuan Retno Marsudi dan Antony Blinken Sejarah Penting Hubungan Strategis Indonesia-AS

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 05 Agustus 2021, 15:23 WIB
Komisi I: Pertemuan Retno Marsudi dan Antony Blinken Sejarah Penting Hubungan Strategis Indonesia-AS
Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani/Net
Kunjungan resmi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Amerika Serikat (AS) selama kurang lebih empat hari diisi berbagai pertemuan dengan pejabat tinggi di Washington.

Kunjungan kali ini merupakan yang pertama bagi Retno setelah AS memiliki pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden. Retno juga menjadi Menlu ASEAN pertama yang secara resmi diterima oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Bagi anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani, pertemuan Retno dan Antony adalah sejarah bagi kedua negara.

"Pertemuan tersebut merupakan dialog strategis pertama kedua negara sejak peresmian kemitraan tahun 2015," ujar Christina kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (8/5).

Christina menyebutkan, ada agenda-agenda strategis yang dibahas kedua Menlu. Mulai situasi pandemi Covid-19 hingga keamanan siber.

"Dalam pertemuan tersebut berbagai isu masuk dalam pokok pembahasan, antara lain dampak pandemi virus, sengketa Laut China Selatan, peningkatan hubungan ekonomi, kolaborasi menyangkut keamanan siber, pendidikan dan beberapa isu lain," jelasnya.

Legislator Partai Golkar ini pun menantikan bagaimana kelanjutjan hubungan bilateral Indonesia dan AS paskamomentum pertemuan tersebut.

"Jika diibaratkan pertemuan antara Menlu ini menjadi momentum kunci implementasi kemitraan atau hubungan bilateral kedua negara ke depannya yang tentunya kami nantikan kelanjutannya," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA