Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kunjungi Solo Raya Bersama Menkes, Luhut Pastikan Vaksinasi Berjalan Lancar

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 05 Agustus 2021, 20:25 WIB
Kunjungi Solo Raya Bersama Menkes, Luhut Pastikan Vaksinasi Berjalan Lancar
Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) dan Menkes Budi Gunadi Sadikin sata meninjau Solo Raya/RMOL
Kedatangan para pembantu pemerintahan Joko Widodo ke Solo terus dilakukan sampai sekarang. Terbaru Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melakukan kunjungan ke wilayah Solo Raya disambut oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kamis (5/8).

Pada kunjungannya kali ini Menko Luhut dan Menkes Budi mengelilingi tempat Isolasi Terpusat (Isoter) serta Sentra Vaksinasi di 3 Wilayah Aglomerasi Solo Raya yaitu Boyolali, Surakarta, Sragen, dan Klaten didampingi oleh Walikota serta Bupati tiap wilayah.

Tinjauan kali ini difokuskan kepada kesiapan tempat isolasi terpusat dan vaksinasi yang telah dibangun di Wilayah Solo Raya.

"Target vaksinasi kami bersama Menkes untuk Solo Raya pada akhir bulan ini dapat mencapai sebanyak-banyaknya masyarakat. Kami akan terus mendorong pasokan vaksin ke wilayah-wilayah yang membutuhkan,” ujar Menko Luhut.

Menko Luhut dan Menkes Budi mengunjungi Asrama Haji Donohudan yang saat ini dijadikan tempat Isolasi Terpusat, RS Darurat, dan juga melayani vaksinasi bagi masyarakat sekitar.

Tinjauan dilanjutkan ke Sentra Vaksin di SMA 1 Solo yang melayani vaksinasi bagi siswa-siswi SMA, Isoter di SDN Cemara 2 Solo, Isoter Techno Park Sragen, GOR Gelar Sena Klaten untuk Isoter Pria dan Rumah Ret-Ret Panti Semedi untuk Isoter Wanita.

Pengecekan tempat Isoter ini juga sebagai tindak lanjut dari Testing dan Tracing yang sedang digencarkan di tiap-tiap wilayah Jawa dan Bali, termasuk Solo Raya.

“Saat ini, kita bersepakat, dibantu juga oleh Guru Besar dari UI, UGM, dan Unair, bahwa hal yang akan dicapai oleh pengendalian Covid-19, hal ini dapat dicapai melalui 3M, 3T, serta vaksinasi,” jelas Menko Luhut.

Menko Luhut dan Menkes Budi juga menyempatkan mengunjungi Pasar Klewer untuk melakukan dialog bersama pedagang. Menko Luhut serta Menkes Budi mengingatkan agar pedagang untuk terus taat dengan protokol kesehatan, tetap memakai masker, menjaga jarak, serta segera melakukan vaksinasi.

“Dengan disiplin masyarakat yang baik, harapannya ke depan sudah bisa terjadi pelonggaran pelan-pelan agar para pedagang bisa bergerak, tetapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” tegasnya.

Menko Luhut melanjutkan perjalanan ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Menko Luhut mengujungi Stasiun Tugu, dan bertemu dengan Kepala Stasiun untuk bertanya situasi serta kondisi beberapa minggu belakangan ini dan bertanya terkait jumlah penumpang kereta.

Setelahnya, kunjungan dilanjutkan ke Malioboro dan Menko Luhut melakukan dialog bersama pedagang dan warga yang berada di sana. Para pedagang yang berada di Malioboro telah melakukan vaksinasi.

Menko Luhut mengingatkan juga kepada seluruh warga yang berada di Malioboro untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker dan selalu menjaga jarak.

“Saat ini saya minta semua sabar, kita cari jalan bersama dan ekonomi juga bisa pulih kembali. Saya pesankan untuk semuanya yang penting sekarang sehat,” disampaikan oleh Menko Luhut kepada warga dan pedagang yang Ia temui di Malioboro.

Setelah selesai mengunjungi berbagai tempat Isoter dan sentra vaksinasi,  Menko Luhut menyampaikan kalau seluruh masyarakat bisa disiplin, menaati 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak), serta aktif melakukan 3T (testing, tracing, dan treatment), dan melakukan vaksinasi maka penularan Virus Corona akan segera terkendali.

“Saya rasa kalau kita bisa kelola ini dengan baik, maka sebagai bangsa Indonesia, kita pasti bisa mengendalikan pandemi Covid-19,” tutup Menko Luhut dalam kunjungan kali ini.

Sebelumnya di sepanjang jalan Malioboro sempat beredar sebuah video yang menginformasikan tentang pemasangan bendera putih. Pemasangan bendera putih itu dimaknai sebagai tanda menyerah menghadapi pandemi Covid-19.

ARTIKEL LAINNYA