Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perkuat Kolaborasi G20, Menkominfo Usulkan Pembentukan Kelompok Kerja Ekonomi Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 05 Agustus 2021, 21:50 WIB
Perkuat Kolaborasi G20, Menkominfo Usulkan Pembentukan Kelompok Kerja Ekonomi Digital
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dalam Pertemuan Menteri Digital Negara Anggota G20 yang berlangsung hari ini Kamis, 5 Agustus/Repro
rmol news logo Pengembangan ekonomi digital di dalam negeri dengan membentuk Kelompok Kerja Ekonomi Digital bakl didorong pemerintah pada Pertemuan Tingkat Menteri G20 Bidang Digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengatakan, pemerintah telah mengusulkan itu kepada negara-negara G20 dalam pertemuan bilateral bersama Menteri Inovasi Teknologi dan Transisi Digital Italia, Vittorio Colao, yang berlangsung virtual dari Jakarta, Rabu (4/8)

Johnny meyakini, pengajuan peningkatan status Gugus Tugas Ekonomi Digital menjadi Kelompok Kerja Ekonomi Digital akan memperkuat upaya kolaboratif negara-negara anggota G20.

"Dan diharapkan menjadi platform koordinasi untuk merampingkan masalah digital pada kelompok kerja lain di bawah platform G20,” tuturnya dalam keterangan tertulis pada Kamis (5/8).

Pembentukan Kelompok Kerja Ekonomi Digital, menurut Johnny, akan memiliki mandat yang lebih jelas, terstuktur serta lebih meningkatkan sinergi dan diskusi mengenai isu-isu digital.

"Dengan adanya Kelompok Kerja akan membantu menghindari kemungkinan duplikasi di sektor G20 lainnya. Peningkatan tersebut juga akan melahirkan komitmen, legitimasi, dan pengaturan kelembagaan yang lebih kuat untuk pembahasan isu-isu digital di bawah platform G20," tuturnya.

Mantan Legislator dari Partai Nasdem ini juga menyampaikan apresiasinya kepada Presidensi Italia dalam G20 tahun ini, karena mengakomodasi prioritas RI untuk Presidensi G20 tahun 2022. 

"Saya sangat menghargai Presidensi Italia ini yang telah mencerminkan prioritas Indonesia dalam Deklarasi Menteri G20 Bidang Digital seperti isu konektivitas digital, pemulihan ekonomi pasca Covid-19, talenta digital, literasi digital, serta Cross-border Data Flow dan Data Free Flow with Trust," katanya.

Dalam kesempatan itu, Johnny mengharapkan saran dari Presidensi Italia untuk penyelenggaraan G20 berikutnya. Ia juga menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat menghadiri pertemuan Pertemuan Tingkat Menteri G20 Bidang Digital yang dilaksanakan di Trieste, Italia secara langsung.

Hadir mendampingi Johnny dalam bilateral meeting, Sekretaris Jenderal Kominfo, Mira Tayyiba dan Staf Khusus Bidang Digital dan SDM, Dedy Permadi.

Sementara, Direktur Pemberdayaan Informatika, Bonifasius Pudjianto dan Plt. Direktur Ekonomi Digital, I Nyoman Adhiarna, hadir secara virtual mengikuti pembahasan.

Pemerintah Indonesia mengusulkan pembentukan kelompok kerja ekonomi digital dalam Pertemuan Menteri Digital Negara Anggota G20 yang berlangsung hari ini Kamis (5/8).

Dalam Pertemuan Tingkat Menteri G20 Bidang Digital, juga akan diresmikan Declaration of G20 Digital Ministers yang berisikan isu-isu prioritas Presidensi Italia.

Beberapa isu yang akan dibahas antara lain transformasi digital untuk pemulihan ekonomi dan pemanfaatan kecerdasan buatan yang terpercaya untuk inklusivitas UMKM dan promosi startup. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA