Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gurubesar Unhan: Latihan Bersama Hal Biasa untuk Jaga Hubungan dengan AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 06 Agustus 2021, 15:30 WIB
Gurubesar Unhan: Latihan Bersama Hal Biasa untuk Jaga Hubungan dengan AS
Tentara Amerika Serikat saat tiba di Indonesia/Net
rmol news logo Latihan militer bersama tentara Indonesia dengan Amerika Serikat atau US Army adalah hal biasa. Bahkan, latihan ini bukan kali pertama digelar.

Gurubesar Hubungan Internasional Universitas Pertahanan (Unhan) Anak Agung Banyu Perwita mengatakan, latihan militer bersama juga menjadi cara Indonesia menjaga hubungan dengan AS.

"Jadi sebetulnya ini biasa-biasa saja, bahwa kita menjaga hubungan dengan Amerika Serikat," ujar Anak Agung kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (6/8).

Anak Agung menyampaikan bahwa memang secara prinsip hubungan luar negeri Indonesia bebas aktif. Salah satu implementasinya adalah memilih mitra latihan untuk penguatan pertahanan.

"Poinnya adalah kita punya kebebasan penuh ketika kita melakukan latihan militer termasuk latihan bilateral dengan AS," tandasnya.

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dan Commanding General USARPAC General Charles A. Flynn secara resmi membuka latihan bersama Garuda Shield ke-15 Tahun 2021 yang digelar di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Martapura, Baturaja, Sumatera Selatan, pada Rabu (4/8).

Latihan terbesar militer Indonesia dan Amerika Serikat ini diselenggarakan mulai 1 hingga 14 Agustus 2021 di tiga tempat berbeda. Yaitu Puslatpur Kodiklatad di Baturaja, Daerah Latihan Amborawang di Balikpapan, dan Makalisung di Manado. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA