Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tauhid Ahmad: Penanganan Covid-19 Kunci Pemulihan Ekonomi

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 06 Agustus 2021, 22:12 WIB
Tauhid Ahmad: Penanganan Covid-19 Kunci Pemulihan Ekonomi
Direktur Eksekutif Indef Tauhid Ahmad/Repro
Penanganan pandemi virus corona baru (Covid-19) yang terkendali menjadi salah satu kunci agar perekonomian bisa pulih secara berkelanjutan di tengah ketidakpastian seperti sekarang.

Pengendalian yang dimaksud antara lain dengan menggalakkan tracing hingga vaksinasi Covid-19 yang tersedia.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Indef Tauhid Ahmad dalam webinar bertajuk “Waspada Gelombang Dua Pemulihan Ekonomi: Tanggapan Kinerja Ekonomi Triwulan II-2021” pada Jumat (6/8) sore.

"Penanganan Covid (tracing kematian tinggi) dan vaksinasi (ketersediaan dan akses) menjadi kunci pemulihan ekonomi secara berkelanjutan," kata Tauhid.

Menurutnya, sekalipun pertumbuhan ekonomi tinggi tetapi pandemi tidak kunjung terkendali juga akan sulit untuk pemulihan ekonomi yang berkelanjutan.

Hal itu, kata Tauhid, harus dibarengi dengan konsistensi pemerintah dalam menjaga mobilitas warga agar sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan.

"Harus konsisten, jangan ada gap kebijakan dan implementasi," tegasnya.

Selanjutnya, realokasi anggaran pemulihan ekonomu nasional (PEN) dengan menekankan pada bantuan sosial, khususnya pada kelompok masyarakat bawah (pengeluaran di bawah Rp 3 juta) serta meningkatkan efektifitas program PEN lainnya.

"Terakhir, peluang untuk memperpanjang restrukturisasi untuk UMKM, termasuk mempercepat penyerapan program PEN untuk UMKM. Ini kunci yang menjadikan kita survival," pungkasnya.

Turut hadir pembicara lain dalam webinar tersebut yakni Kepala Center of Industry, Trade, and Investment Indef Andry Satrio Nugroho, Peneliti Center of Food, Energy, and Sustainable Development Indef Rusli Abdullah Rusli Abdullah.

ARTIKEL LAINNYA