Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saleh Daulay: Nasib PPKM Harus Berdasarkan Evaluasi Teliti

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 09 Agustus 2021, 13:28 WIB
Saleh Daulay: Nasib PPKM Harus Berdasarkan Evaluasi Teliti
Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay/Net
rmol news logo Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Jawa-Bali, masuk hari terakhir pada Senin (9/8). Hingga saat ini, pemerintah belum memutuskan nasib PPKM yang sebelumnya sudah diperpanjang pada 3 Agustus lalu.

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan, pemerintah harus teliti mengevaluasi PPKM sebelum memutuskan akan kembali diperpanjang atau diakhiri.

Kata Saleh, evaluasi tersebut setidaknya meliputi penurunan orang yang terpapar virus corona baru (Covid-19), tingkat hunian RS, jumlah orang meninggal, dan jumlah orang-orang yang isolasi mandiri.

"Keputusan untuk melanjutkan atau melonggarkan pasti didasari oleh evaluasi tersebut. Secara umum, memang ada penurunan," ujar Saleh kepada wartawan, Seni (9/8).

Namun, lanjut legislator PAN ini, harus diakui, penurunan tersebut belum signifikan. Bahkan kadang terlihat masih fluktuatif.

"Kalau dari kondisi yang ada, saya memperkirakan PPKM akan diperpanjang. Hanya saja, pemerintah akan menaikkan dan menurunkan levelnya saja. Bisa jadi di kota A levelnya turun ke 3, tetapi di kota B malah naik ke 4. Tergantung kondisi masing-masing," jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya perbedaan level seperti ini, akan lebih memudahkan pemerintah untuk menerapkan kebijakan.

"Ibarat tone radio, tinggal memperbesar atau memperkecil saja. Tetapi kalau menutup PPKM, rasanya belum," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA