Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masa PPKM Level 4 Berakhir Hari Ini, Legislator PDIP: Meski Banyak Catatan Positif, Tingkat Kematian Masih Tinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 09 Agustus 2021, 16:34 WIB
Masa PPKM Level 4 Berakhir Hari Ini, Legislator PDIP: Meski Banyak Catatan Positif, Tingkat Kematian Masih Tinggi
Ilustrasi pemakaman pasien Covid-19 yang meninggal dunia/RMOLJakarta
rmol news logo Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Jawa-Bali, masuk hari terakhir pada Senin ini (9/8). Hingga saat ini, pemerintah belum memutuskan nasib PPKM yang sebelumnya sudah diperpanjang pada 3 Agustus lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bagi anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo, PPKM yang sudah diterapkan sejak awal Juli lalu, memberikan catatan positif pada penanganan pandemi Covid-19.

"Jujur harus diakui level 4 ini sudah cukup positif secara nasional atau beberapa wilayah sudah menurunkan BOR (bed occupancy rate) kita terutama di Jakarta dan sekitarnya, sudah mengalami penurunan," ujar Rahmad Handoyo kepada wartawan, Senin (9/8).

Kemudian juga, kata Rahmad, kasus konfirmasi positif juga mengalami penurunan secara nasional. Salah satunya, seperti terjadi di Jakarta yang menerapkan PPKM Level 4.

Tetapi, lanjut legislator PDI Perjuangan ini, menjadi catatan kritis pada sisi lainnya adalah tingkay kematian akibat Covid-19 yang masih sangat tinggi.

"Itu menjadi perhatian kita bersama. Masih di atas 1.000 bahkan 1.509-1.600 per hari," terangnya.

Soal PPKM masih perlu diperpanjang, Rahmad tidak bisa memastikan. Dia berharap, sejumlah catatan kritis diantara hasil positif PPKM tetap menjadi pertimbangan.

"Itu menjadi catatan kritis kita, pertimbangan kita untuk memutuskan diperpanjang atau tidak," pungkasnya.

Berdasarkan data yang dirilis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 per hari ini, kasus meninggal tercatat bertambah 1.475 kasus. Sementara, kasus positif yang bertambah hari ini sebanyak 20.709 orang, atau lebih rendah dari tambahan kasus sembuh yang mencapai 44.959 orang.

Akibatnya, kasus aktif hari ini berkurang sebanyak 25.725 orang. Jika dilihat secara total, angkanya kini menjadi 448.508 orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA