Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kisruh Satupena, Peneliti: DNA Penulis Itu Berkarya, Bukan Berkuasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 09 Agustus 2021, 18:15 WIB
Kisruh Satupena, Peneliti: DNA Penulis Itu Berkarya, Bukan Berkuasa
Peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Toto Izul Fatah/Net
rmol news logo Sebagai bagian dari civil society, sudah sepatutnya organisasi penulis seperti Satupena mempertahankan DNA sebagai komunitas yang tak memiliki syahwat berebut kekuasaan.

Hal tersebut ditegaskan peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Toto Izul Fatah merespons kisruh sejumlah anggota Satupena yang menggelar Rapat Luar Biasa Anggota (RLBA) pada 1 dan 8 Agustus 2021 tanpa melibatkan Ketua Umum Satupena, Nasir Tamara.

Toto yang juga Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA mengaku perihatin atas kisruh tersebut karena sangat berpotensi merusak citra para penulis.

“Sudahlah, cukup yang yang bertikai berebut kekuasaan itu para politisi di partai politik dan gedung DPR/MPR. Jangan dibawa merembet ke organisasi para penulis," kata Toto kepada wartawan, Senin (9/8).

Sebagai organisasi penulis, kata dia, Satupena seharusnya menghabiskan waktu untuk membuat karya, bukan untuk berpikir berebut kekuasaan dan jabatan ketua umum.

Karena itu, Toto mengingatkan kepada para penulis yang tergabung dalam Satupena untuk tidak meracuni dengan pikiran untuk 'mengudeta'. Di samping telah melenceng dari habitat aslinya, kisruh yang terjadi hanya akan menjadi nontonan menggelikan bagi rakyat.

“Saya berharap jangan ada penulis yang mau menjadi inang bersemainya virus demokrasi yang pathogenic di lingkungannya masing-masing. Mari jaga imunitas demokrasi ini agar makin sehat dan kuat. Kembalilah ke 'DNA' awal sebagai agen moral, bukan agen kekuasaan,” tutup Toto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA