Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PPKM Diperpanjang, Luhut: Tren Penurunan Kasus Covid-19 Harus Dijaga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 09 Agustus 2021, 22:45 WIB
PPKM Diperpanjang, Luhut: Tren Penurunan Kasus Covid-19 Harus Dijaga
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat umumkan perpanjangan PPKM hingga 16 Agustus/Repro
rmol news logo Penerapan Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3 dan 2 yang dilakukan sejak tanggal 02 Agustus hingga 09 Agustus 2021 di Jawa Bali menunjukkan hasil yang cukup baik.

Indikasinya tren kasus dan perawatan rumah sakit di Jawa-Bali yang sudah menunjukkan perbaikan cukup signifikan. Data menunjukkan penurunan hingga 59,6 persen dari puncak kasus pada tanggal 15 Juli 2021 yang lalu.

Begitu yang dikatakan Koordinator PPKM Darurat Luhut Binsar Panjaitan dalam siaran persnya secara virtual, Senin malam (9/8).

“Momentum yang sudah cukup baik ini, harus terus dijaga. Untuk itu, atas arahan Bapak Presiden Republik Indonesia. Maka PPKM Level 4, 3 dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang sampai tanggal 16 Agustus 2021,” ucap Luhut.

Menko  Bidang Kemaritiman dan Investasi ini mengatakan bahwa keputusan ini akan dituangkan dalam Instruksi Mendagri secara detil.

Selain itu, pemerintah akan melakukan intervensi pada Malang Raya dan Bali, sebagai dua wilayah yang belum mengalami penurunan kasus Covid-19 dibandingkan dengan wilayah lainnya yang telah menunjukkan penurunan.

"Akan dibentuk tim khusus untuk menangani wilayah-wilayah yang memiliki lonjakan kasus kematian yang signifikan dalam beberapa minggu terakhir,” imbuhnya.

Di samping itu, kata Menko Luhut, berbagai perkembangan baik antara lain peningkatan penggunaan masker yang telah mencapai 82 persen.

Selain itu terus dikembangkan berbagai instrumen tracing (pelacakan) melalui digital tracer, tracer lapangan dan sistem SILACAK (Sistem Informasi Pelacakan), serta peningkatan laju vaksinasi pada sejumlah provinsi dan wilayah Aglomerasi.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA