Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Senator Jakarta: Halte CSW Bentuk Keberpihakan Pemprov DKI Kepada Transportasi Publik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 10 Agustus 2021, 01:32 WIB
Senator Jakarta: Halte CSW Bentuk Keberpihakan Pemprov DKI Kepada Transportasi Publik
Senator Jakarta, Fahira Idris/Ist
rmol news logo Pembangunan Stasiun Integrasi Cakra Selaras Wahana (CSW) yang mengintegrasikan dua simpul penting jalur transportasi publik ibukota yaitu Halte Transjakarta CSW dan Stasiun MRT ASEAN sudah hampir tuntas atau segera bisa dinikmati warga Jakarta.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Setelah resmi dioperasikan kelak, pengguna transportasi publik tidak perlu bersusah payah naik turun ratusan anak tangga untuk berpindah moda saat transit dari Halte Transjakarta CSW ke Stasiun MRT ASEAN dan sebaliknya, karena Jembatan layang Stasiun Integrasi CSW sudah dilengkapi dengan eskalator, tangga, dan elevator/lift.

Menurut anggota DPD RI Fahira Idris, Stasiun Integrasi CSW ini menjadi salah satu simbol dan bentuk nyata keberpihakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada transportasi publik atau angkutan umum massal yang memang menjadi salah satu concern utama Gubernur Anies Baswedan.

Bukan hanya agar Jakarta menjadi setara dengan kota-kota maju lainnya di dunia, tetapi juga sebagai solusi yang paling tepat dan efektif untuk mengurai persoalan pelik Jakarta yang sudah berlangsung puluhan tahun yaitu kemacetan dan polusi udara.

Keduanya (macet dan polusi) berdampak buruk terhadap kualitas hidup masyarakat Jakarta sehingga harus segera diurai.

“Kita harus akui, dalam tiga tahun terakhir ini, kemajuan sektor transportasi publik di Jakarta cukup mengagumkan bukan hanya dari sisi pembangunan infrastruktur tetapi juga pelayanan dan kemudahan. Integrasi antarmoda yang menjadi kunci keberhasilan kota-kota besar di dunia mengubah pola mobilitas warganya dari kendaraan pribadi menjadi naik angkutan umum massal, diimplementasikan dengan sangat baik Gubernur Anies dan jajarannya," ujar Fahira Idris di Jakarta, Senin (9/8).

"Jika keberpihakan terhadap transportasi publik ini konsisten terus dijalankan, Jakarta berpotensi menjadi salah satu kota terbaik di dunia dalam sektor transportasi publik,” tambahnya.

Lanjut Fahira, Pemprov DKI Jakarta secara beriringan terus melakukan pengembangan integrasi transportasi publik baik integrasi fisik, integrasi payment, dan integrasi manajemen pengembangan transportasi.

Stasiun Integrasi CSW adalah bentuk pengembangan integrasi fisik yang menghubungkan antarmoda transportasi publik yang ada di Jakarta dengan membangun berbagai fasilitas.

Tujuannya memberikan kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan bagi pengguna transportasi publik mencapai tujuannya walau harus berpindah moda transportasi.

Sebelumnya, sejumlah stasiun KRL, seperti Stasiun Tanah Abang, sudah terintegrasi dengan layanan Transjakarta dan JakLingko serta dikembangkan menjadi Kawasan Transit Oriented Development (TOD).

Sementara integrasi sistem pembayaran yang digunakan untuk berbagai macam transportasi publik yang terintegrasi melalui satu kartu yaitu JakLingko.

Sedangkan integrasi pengembangan layanan fasilitas transportasi publik dilakukan dengan membuat papan petunjuk jalan di beberapa titik dekat stasiun dan halte.

“Jadi menurut saya salah satu terobosan terbesar integrasi di Jakarta yang sudah dan akan terus dikembangkan adalah JakLingko karena menjangkau daerah permukiman. JakLingko ini memuat integrasi rute, integrasi manajemen, dan integrasi pembayaran yang tidak hanya melibatkan bus besar, bus medium, dan bus kecil di Transjakarta tetapi juga MRT, dan LRT, kehadiran benar-benar memudahkan warga Jakarta sehingga mulai memilih naik transportasi publik daripada kendaraan pribadi,” pungkas Senator Jakarta ini.

Jembatan layang di Stasiun Integrasi CSW yang menghubungkan Stasiun MRT ASEAN dengan Halte Transjakarta CSW melayani bus koridor 13, Halte CSW 2 dan Halte TJ Kejaksaan Agung dan Halte ASEAN. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA