Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Prediksi Jakarta Tenggelam, Anies: Joe Biden Sedang Ajak Amerika Lakukan Pertobatan Paradigmatik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 10 Agustus 2021, 22:37 WIB
Soal Prediksi Jakarta Tenggelam, Anies: Joe Biden Sedang Ajak Amerika Lakukan Pertobatan Paradigmatik
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam webinar yang diselenggarakan Lembaga Pengendalian Kebijakan dan Sumber Daya IA ITB bertajuk "Jakarta Tenggelam" pada Selasa malam, 10 Agustus/Repro
rmol news logo Pernyataan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, yang memproyeksikan DKI Jakarta dalam sepuluh tahun ke depan bakal tenggelam memiliki pesan tersirat.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, prediksi Joe Biden ini sebagai salah satu contoh konsekuensi perubahan iklim yang harus disikapi secara serius.

"Kita harus melihat pesan beberapa detik itu sebagai pesan kolektif bahwa climate change is real," tegas Anies saat menjadi Keynote Speaker dalam webinar yang diselenggarakan Lembaga Pengendalian Kebijakan dan Sumber Daya IA ITB bertajuk "Jakarta Tenggelam" pada Selasa (10/8).

Orang nomor satu di ibu kota itu memandang, penyataan Biden secara tidak langsung memberikan pesan bahwa Indonesia menjadi perhatian dari masyarakat internasional, dan dianggap penting sebagai salah satu tempat yang menunjukkan sehat tidaknya ekosistem bumi hari ini.

Pesan kedua, Anies menduga bahwa Presiden Amerika itu sedang mencoba mengubah paradigma ekonomi. Bukan hanya untuk publik diluar negeri tetapi juga bagi negeri Paman Sam itu sendiri.

"Biden sedang mengajak Amerika untuk melakukan pertobatan paradigmatik, karena kita tahu Amerika selama beberapa tahun sebelumnya berseberangan sekali," papar Anies.

Anies menambahkan, Joe biden sesungguhnya sedang mengkritik habis era kepemimpinan sebelumnya, yakni Donald Trump, yang bisa dibilang meminggirkan pertimbangan ekologis dan menganggap regulasi lingkungan sebagai hambatan pertumbuhan ekonomi.

Namun, terlepas dari hal tersebut, Anies menyatakan Pemprov DKI telah melakukan sejumlah langkah antisipasi dengan mengedepankan aspek ilmiah dan prioritas yang tegas, yaitu Sustainable dan Social Justice dalam merespon prediksi ini.

"Dalam diskusi mengenai antisipasi prediksi Jakarta tenggelam, People dan Planet adalah prioritas yang kami utamakan," demikian Anies.

Acara yang dipandu Wakil Pimpinan Redaksi iNews, Latief Siregar itu turut menghadirkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Selain itu, hadir pula para pakar diantaranya Prof. Deden Rukmana, Ph.D. selaku Professor of Urban and Regional Planning, Alabama A&M University, United States;  Dr. Heri Andreas, ST. MT. selaku Kepala Laboratorium Geodesi ITB dan Hamzah Latief, M.Si., Ph. D. selaku Dosen Oseanografi ITB.

Turut dihadiri pula Perwakilan Pengurus Pusat IA-ITB yakni Aria Mariany sebagai Wakil Menteri Lembaga Riset Kebencanaan PP IA-ITB; Don Adam selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana PP IA-ITB; Triyani Utaminingsih selaku Wakil Menteri Lingkungan Hidup PP IA-ITB; dan Arya Sinulingga selaku Sekretaris Jenderal PP IA-ITB. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA