Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Refleksi Perkembangan Kominfo, Johnny G. Plate Dorong Orkestrasi Komunikasi Publik untuk Dukung Penanganan Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 10 Agustus 2021, 22:58 WIB
Refleksi Perkembangan Kominfo, Johnny G. Plate Dorong Orkestrasi Komunikasi Publik untuk Dukung Penanganan Pandemi
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate/Repro
rmol news logo Narasi yang akurat dan tepat waktu untuk disajikan kepada masyarakat, khususnya dalam mendukung pembangunan nasional dan penanganan pandemi Covid-19, menjadi perhatian Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menuturkan, diperlukan orkestrasi komunikasi publik dalam menciptakan narasi-narasi untuk bisa menyampaikan pesan pembangunan nasional termasuk penanganan Covid-19.

"Agar kita mampu melakukan orkestrasi komunikasi dengan narasi-narasi dan pilihan diksi yang tepat, yang memastikan akurasi serta komunikasi timely based  untuk bisa menjangkau rakyat tepat pada waktunya sesuai segmentasi penerima,” ujar Johnny usai melantik Usman Kansong sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, di Media Center Gedung Utama Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (10/8).

Johnny menjelaskan, Kementerian Kominfo mengalami perubahan yang cukup signifikan dalam kinerjanya, dibanding permulaannya sejak Republik Indonesia berdiri yang dikenal dengan nama Kementerian Penerangan pada tahun 1945.

"Dalam perjalanan panjang kementerian ini telah bermetamorfosa, bertransformasi banyak sekali sesuai dengan zamannya. Memasuki era reformasi Kementerian ini berubah menjadi Kementerian Komunikasi dan Informatika," tuturnya.

Karena itu, Johnny mengatakan bahwa kini Kominfo selain berperan melaksanakan fungsi penerangan publik, juga memiliki peran di sektor informatika. Bahkan, menurutnya Kominfo sudah bermetamorfosa menjadi kementerian yang menyiapkan keseluruhan kebijakan yang berkaitan dengan digital.

"Visi besar dalam mengantar bangsa kita memasuki era digital. Bertepatan dengan pandemi Covid-19, maka bapak Presiden menetapkan akselerasi transformasi digital, kita pun harus mengikuti irama baru itu,” ucapnya.

Di era digital, Johnny memastikan Kominfo bertanggung jawab dalam penyiapan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, serta keseluruhan elemen hulu sampai hilir hingga penyiapan sumberdaya manusia digital atau talenta digital Indonesia.

"Ya keseluruhan keluarga besar Kominfo harus mengambil bagian yang aktif dalam menghantar bangsa kita memasuki era baru era transformasi digital," demikian Johnny. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA