Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Moeldoko Apresiasi Produsen Dalam Negeri Hibahkan Alkes untuk Penanganan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 11 Agustus 2021, 02:41 WIB
Moeldoko Apresiasi Produsen Dalam Negeri Hibahkan Alkes untuk Penanganan Covid-19
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko (kiri) bersama Plt Bupati Kabupaten Bandung Barat, Henky Kurniawan (kedua dari kiri) menyaksikan pemberian bantuan alat uji swab antigen dari PT Taishan Alkes Indonesia/Ist
rmol news logo Seluruh elemen bangsa termasuk pihak swasta harus bergotong-royong menanggulangi pandemi Covid-19. Hal ini sebagai dukungan terhadap upaya pemerintah dalam penanganan, mulai dari sisi kesehatan seperti fokus mengejar vaksinasi juga program perlindungan sosial untuk mengurangi beban masyarakat terdampak Covid-19.

Hal ini disampaikan Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, saat menghadiri acara Gerakan Bersama Dari Pintu ke Pintu dan Gotong-Royong Bantuan Antigen di Puskesmas Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (10/8).

Acara yang dihadiri Plt Bupati Kabupaten Bandung Barat, Hengky Kurniawan, sekaligus penyerahan bantuan alat kesehatan (alkes) dari produsen dalam negeri, PT Taishan Alkes Indonesia, yang memberikan 50 ribu pieces alat uji swab antigen ke puskesmas-puskesmas.

Menurut Moeldoko, persoalan Covid-19 adalah persoalan global. Tidak ada satupun negara di dunia termasuk negara-negara Eropa sekalipun yang memiliki infrastruktur kesehatan yang bagus juga tetap kewalahan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Metode yang paling efektif adalah bagaimana seluruh komponen bangsa membangun sebuah kolaborasi besar, bergotong-royong bersama menghadapi pandemi Covid-19," ujar Moeldoko.

Mantan Panglima TNI ini pun mengapresiasi upaya produsen dalam negeri dalam hal ini PT Taishan Alkes Indonesia yang memberikan bantuan alat swab antigen untuk masyarakat.

"Kita harus tangani bersama-sama, kami mengapresiasi produsen alkes PT Taishan yang membantu memberikan 50 ribu alat swab antigen untuk melakukan testing kepada masyarakat," katanya.

Terkait maraknya produk impor alat kesehatan, Moeldoko menekankan bahwa pemerintah dalam hal ini akan mengutamakan produsen alkes dalam negeri.

"Pada dasarnya pemerintah justru memprioritaskan produk alkes dalam negeri seperti masker dan lainnya," tegasnya.

Di tempat yang sama, Komisaris Utama PT Taishan Alkes Indonesia, Cahyadi Burhan, menyambut baik komitmen pemerintah yang akan memprioritaskan produk alat-alat kesehatan buatan dalam negeri

Cahyadi mengatakan, produk alkes dalam negeri termasuk PT Taishan memiliki kualitas dan sensitivitas yang sama dengan produk impor, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

"Kita dukung pemerintah lebih memilih produk alkes dalam negeri dengan harga yang murah namun kualitas dan sensitivitasnya sama dengan produk luar. Seperti produk kami yang sudah melalui beberapa tahap pengujian yang ketat," demikian Cahyadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA