Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Menko Airlangga Ajak Berbagi Buah untuk Tingkatkan Kesembuhan dan Imunitas

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 11 Agustus 2021, 16:06 WIB
Menko Airlangga Ajak Berbagi Buah untuk Tingkatkan Kesembuhan dan Imunitas
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto/Repro
Subsektor pertanian yang memliki potensi mensejahterakan petani, peningkatan ekonomi daerah serta nasional, yang salah satunya adalah hortikultura, bakal digenjot pemerintah di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Selain daripada hal-hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut subsektor pertanian hortikultura mampu meningkatkan devisa negara melalui ekspor.

Ia memaparkan, pada tahun 2020 ekspor hortikultura yang didominasi oleh komoditas buah-buahan meningkat sebesar 37,75 persen dibanding tahun 2019. Nilai realisasi ekspor buah-buahan tercatat sebesar 289,9 juta dolar Amerika Serikat dengan lima negara tujuan utama yaitu China, Hongkong, Malaysia, Arab Saudi dan Pakistan.

Dari indikator-indikator tersebut, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini mengapresiasi tujuan dari acara Gelar Buah Nasional (GBN) ke-6 dengan mengambil tema "Gerakan Konsumsi Untuk Mendorong Produksi dan Investasi Buah Nusantara" yang dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (9/8).

"Gelaran ini menjadi bukti kehadiran dan keberpihakan  Pemerintah terhadap petani buah  nusantara," ujar Airlangga dalam keterangan tertulis yang diterima Rabu (11/8).

Dalam rangkaian gelaran kampanye kebaikan buah tersebut, juga dilanjutkan dengan pembagian bingkisan buah pada Selasa (10/8), kepada para tenaga kesehatan di beberapa Rumah Sakit, pasien Covid-19 yang sedang menjalani isoman, dan peserta vaksin.

Sampai kemarin, telah terkumpul 6.000 paket buah mulai dari kementerian, perbankan, BUMN, pelaku usaha buah, e-commerce, dan komunitas.

"Sangat melegakan ketika mendapat laporan bahwa saat ini Covid-19 di Rumah Sakit Persahabatan sudah turun  menjadi 40 persen. Ini sesuai dengan tujuan Pemerintah ketika mengambil kebijakan-kebijakan PPKM untuk mengurangi mobilitas dan memutus mata rantai Covid-19," ucap Airlangga.

Selain di Rumah Sakit Persahabatan, paket buah juga dibagikan ke Rumah Sakit Fatmawati, Rumah Sakit Sulianti Saroso, Rumah Sakit Islam dan Rumah Sakit Cempaka Putih.

"Diharapkan buah dapat mendorong imunitas. Karena kita kaya akan buah, diharapkan juga ini bisa mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi buah Indonesia," imbuhnya.

Demi memperluas dampak kebaikan ini, Pemerintah juga merangkul para driver ojek online untuk ikut menyalurkan 100 bingkisan buah kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Dengan cara ini, Airlangga ingin memberikan contoh bahwa untuk memberian paket buah kepada orang-orang yang membutuhkan bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi tanpa harus datang ke lokasi.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA