Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Airlangga Hartarto Beri Semangat Pasien Covid-19 di Pusat Isolasi Kabupaten Klaten

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 14 Agustus 2021, 21:37 WIB
Airlangga Hartarto Beri Semangat Pasien Covid-19 di Pusat Isolasi Kabupaten Klaten
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Repro
Sebaran Covid-19 yang belakangan hari banyak menyerang kluster keluarga menjadi pelajaran penting untuk memisahkan antara pasien Covid-19 dengan anggota keluarga lain.

Sebab itu, pemerintah membangun tempat isolasi terpusat untuk memaksimalkan penanganan khusus kepada pasien Covid-19 sekaligus menekan tingkat penularan.

Untuk memastikan semua berjalan baik, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau langsung beberapa tempat isolasi terpusat di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, yaitu GOR Gelarsena dan Panti Semedi, Sabtu (14/8).

"Kita saat ini meninjau beberapa isolasi terpusat di Kabupaten Klaten. Adanya isolasi terpusat ini bertujuan untuk memotong mata rantai Covid-19, terutama untuk menekan angka kematian. Karena kalau di rumah, pasien Covid-19 belum tentu terperhatikan maksimal oleh layanan kesehatan," ujar Airlanggam

"Sehingga kita harus memisahkan antara yang terkena Covid-19 dengan keluarganya agar tidak menambah kluster keluarga. Karena kluster keluarga ini yang akhir-akhir ini muncul dan menyebabkan kematian pasien Covid-19 di rumah,” imbuhnya.

Saat mengunjungi GOR Gelarsena, Menko Airlangga menyerahkan bantuan berupa daging ayam beku dan telur masing-masing 1,1 ton kepada Bupati Klaten Sri Mulyani yang kemudian akan disalurkan kepada para pasien yang sedang melakukan isolasi.

Sementara, ketika mengunjungi Panti Semedi, dengan jarak yang aman Menko Airlangga menyapa para pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi terpusat.

"Semangat ya, pripun, panganane enak? Terjamin? Obate, vitamine terjamin?," tanya Ketua Umum Partai Golkar ini dengan berbahasa daerah.

Bahagia dengan perhatian yang diberikan Menko Airlangga, ibu-ibu yang tengah menjalani isolasi terpusat menjawab dengan penuh antusias. "Makanannya enak. Obat dan vitamine terjamin, Pak. Di sini semua disiapin," ucapnya.

Menko Airlangga membalas dengan harapan agar seluruh pasien segera sembuh dan cepat kembali berkumpul dengan keluarga.

Dalam kegiatan kunjungan tersebut, Airlangga juga melakukan dialog penanganan pandemi Covid-19 dengan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. Dia juga menyerahkan sejumlah bantuan untuk pasien yang sedang melakukan isolasi.

Bantuan yang diberikan berupa 500 kg daging ayam beku, 500 kg telur ayam, 10.000 paket sembako, 20.000 masker dan 100 oxygen concentrator.

Airlangga memastikan bahwa penanganam Covid-19 berlaku sama di semua daerah seperti hal nya yang dia pantau di Klaten.

"Tidak hanya Kabupaten Klaten. Semua wilayah termasuk Provinsi Jawa Tengah menjadi perhatian Pemerintah dalam penanganan Covid-19. Semua provinsi sudah masuk program nasional,” pungkasnya.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA