Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Azyumardi Azra: Islam dan Demokrasi Sangat Kompatibel, Tak Saling Berlawanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 16 Agustus 2021, 01:26 WIB
Azyumardi Azra: Islam dan Demokrasi Sangat Kompatibel, Tak Saling Berlawanan
Guru Besar Sejarah dan Peradaban Islam UIN Jakarta, Azyumardi Azra/Net
rmol news logo Di Indonesia, tidak ada masalah antara Islam dan demokrasi. Bahkan sebelum kemerdekaan pun demokrasi sudah diterima dalam kelompok Islamis pendiri bangsa.

Demikian antara lain disampaikan Guru Besar Sejarah dan Peradaban Islam UIN Jakarta, Azyumardi Azra dalam diskusi bertajuk “Refleksi tentang Situasi Demokrasi di Indonesia: Perspektif Aktor Keagamaan yang diselenggarakan belum lama ini.

“Islam dan demokrasi tidak saling berlawanan, justru sangat kompatibel,” kata dia.

Azyumardi mengatakan, sejak di tingkatan gagasan dan ide, bahwa demokrasi telah diterima dengan baik oleh kelompok islamis pendiri bangsa. Hingga akhirnya hal tersebut direfleksikan ke dalam Pancasila.

“Pada akhirnya, demokrasinya berdasarkan pada pancasila -bukan negara yang menganut sekularisme. Sehingga politik dan agama tidak dipisahkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga menegaskan bahwa ormas-ormas Keislaman yang menentang demokrasi, seperti HTI, sudah kehilangan retorikanya. Walaupun eks-HTI ini masih 'gentayangan'. Kelompok-kelompok radikal itu sudah kehilangan momentum mereka, karena terus diusut oleh Densus 88 dan juga akar mereka di Timur Tengah pun semakin tersudut.

“Oleh karena itu, praktis, tidak ada penentangan terbuka terhadap demokrasi,” demikian Azyumardi Azra.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA