Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bela Pemerintah, LaNyalla Menolak Negara Dituding Gagal Tangani Pandemi

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 16 Agustus 2021, 10:14 WIB
Bela Pemerintah, LaNyalla Menolak Negara Dituding Gagal Tangani Pandemi
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mattalitti saat berpidato dalam sidang tahunan MPR RI/Repro
Tidak mudah bagi pemerintah menangani sektor kesehatan dengan menjaga keseimbangan sektor ekonomi di tengah situasi pandemi Covid-19.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mattalitti pun menolak adanya pandangan yang menilai negara telah gagal menangani pandemi yang hingga kini belum berlalu.

"Kami tidak setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa negara telah gagal dalam menangani pandemi ini. Bahwa ada kekurangan, memang harus diakui," ujar LaNyalla dalam Sidang Tahunan MPR RI di Gedung Kura-kura, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8).

LaNyalla mengatakan, sudah banyak langkah strategis yang dilakukan pemerintah, baik di sektor kesehatan atau pun ekonomi.

Khusus ekonomi, kata dia, pada kuartal II 2021, pemerintah mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi di angka 7 persen.

"Indonesia mampu meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi. Meskipun masih didominasi belanja konsumsi yang juga ditopang government spending dan momentum Ramadhan serta Idul Fitri dan Idul Adha," jelasnya.

Lanjut legislator Jawa Timur ini, sedikit catatan memang perlu diberikan pada sektor kesehata. Di mana, pemerintah kewalahan menangani lonjakan kasus yang cukup tajam.

"Ketika terjadi ledakan korban Covid-19. Rumah sakit nyaris collapse. Tenaga medis berguguran. Fasilitas kesehatan dan alat medis yang kekurangan di sana-sini. Juga kualitas kesehatan masyarakat kita yang ternyata rentan dengan komorbid," pungkasnya.

Dalam sidang tahunan tersebut, hadir secara langsung Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Maruf Amin, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan Ketua DPR RI Puan Maharani serta puluhan anggota legislatif dari berbagai fraksi.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA