Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kemesraan Jokowi dengan Airlangga Buah dari Loyalitas Golkar

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 16 Agustus 2021, 22:51 WIB
Kemesraan Jokowi dengan Airlangga Buah dari Loyalitas Golkar
Ketua Umum Partai Golkar bersama Presiden Jokowi usai sidang tahunan MPR-DPR-DPD RI/Ist
Presiden Joko Widodo nampaknya semakin mesra dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Terkini, foto mesra Jokowi dan Airlangga usai menghadiri Sidang Tahunan MPR juga beredar.

Tidak cuma itu, putra Jokowi yang kini Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka juga memasang foto profil media sosialnya bersama Menko Perekonomian kabinet Jokowi itu.

Prinsipnya, kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago, dua hal yang dilakukan Jokowi dan Gibran merupakan satu hal lumrah dan biasa saja.

"Jadi saya melihat ini fenomena biasa saja," kata Pangi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (16/8).

Meski begitu, kata Pangi, foto tersebut bisa juga diartikan sebagai bentuk kepercayaan Jokowi kepada Partai Golkar sebagai salah satu kekuatan besar dalam koalisi pemerintah.

Khususnya, lanjutnya, soal kepatuhan Partai Golkar terhadap kebijakan pemerintah.

Kepatuhan Partai berlambang beringin itu bisa dilihat dari tidak adanya kader Partai Golkar yang memberikan suara berbeda dengan Airlangga sebagai ketua umum sekaligus Menko Bidang Perekonomian.

"Soal tingkat kepatuhan dan loyalitas Golkar saya perhatikan cukup bagus terhadap Jokowi. Tegak lurus dan hampir tidak ada kita perhatikan kader Golkar yang berbeda suara, atau mengkritisi kebijakan Jokowi," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA