Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesan Megawati, Generasi Muda Jangan Lupa Sejarah Kemerdekaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 17 Agustus 2021, 10:28 WIB
Pesan Megawati, Generasi Muda Jangan Lupa Sejarah Kemerdekaan
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri/Net
rmol news logo Generasi muda Indonesia jangan pernah melupakan sejarah dan pengorbanan segenap bangsa Indonesia. Jas Merah atau jangan sekali-kali melupakan sejarah harus terus diingat agar anak muda tahu jatidiri bangsa.

Begitu pesan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dalam sebuah video sambutan pemimpin bangsa yang ditayangkan sebelum upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia ke-76.

Tidak hanya Megawati, secara runut ada juga Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mantan Wakil Presiden Tri Sutrisno dan Hamzah Haz memberikan kata sambutan sebagai pemimpin bangsa.

"Jadi menurut saya, terutama ini untuk anak-anak muda dalam proklamasi ke-76 ini rasa kemerdekaan itu bukan hanya seremonial saja, tetapi harus didalami di dalam sebuah cita-cita ke depan bahwa begitu besar pengorbanan kita,"  ujar Megawati dalam video yang ditayangkan akun YouTube Sekretarian Presiden, Selasa (17/8).

Menurutnya, esensi kemerdekaan itu adalah berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari. Bangsa Indonesia harus mandiri termasuk generasi muda harus visioner dalam memaknai kemerdekaan.

"Karena, apa arti merdeka itu? Sebetulnya karena kita ingin mandiri. Mari, pemuda-pemudi Indonesia menatap masa depan dengan penuh gagah berani dan pintar, itu sebuah keharusan untuk bisa kita membangun negeri ini," tegasnya.

Lebih lanjut, putri Bung Karno ini mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang dianugerahi kekayaan berlimpah, namun belum dikelola untuk menghasilkan sesuatu agar bisa berdikari. Atas alasan itu, Megawati mengajak anak bangsa agar semangat untuk menuju itu semua terus digelorakan.

"Semangat itu harus seperti api nan tak kunjung padam," imbaunya.

"Kita jangan terlena, kita baru berumur 76 tahun, kita inginnya kalau bisa ribuan tahun berdiri. Itu makna yang ingin saya sampaikan dalam rangka 76 tahun kemerdekaan kita. Sekali lagi, penuh semangat gotong-royong bangunlah jiwanya bangunlah badannya. Merdeka!" demikian Megawati. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA