Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Maruf Amin Yakin Lonjakan Covid-19 Bisa Teratasi Melalui Displin Prokes dan Gencar Vaksinasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 17 Agustus 2021, 22:26 WIB
Maruf Amin Yakin Lonjakan Covid-19 Bisa Teratasi Melalui Displin Prokes dan Gencar Vaksinasi
Wakil Presiden Maruf Amin/Repro
rmol news logo Dibukanya sektor esensial dan aktivitas masyarakat di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berpotensi memunculkan lonjakan kasus Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Namun, Wakil Presiden Maruf Amin meyakini, lonjakan kasus Covid-19 tidak akan terjadi jika strategi penanganan di hulu bisa digencarkan.

Katanya, ada dua hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan strategi di hulu. Yaitu disiplin protokol kesehatan (prokes) 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), serta menggencarkan vaksinasi Covid-19.

"Pasien itu kan hilir. Kalau hulunya itu ada tiga hal (3M). Dan yang terkahir itu vaksinasi. Kalau tiga ini efektif, kita yakin bisa atasi (lonjakan kasus Covid-19)," ujar Maruf dalam wawancaranya di CNNIndonesia TV, Selasa (17/8).

Adapun jika terjadi lonjakan kasus pasca pelonggaran PPKM Level 4, 3 dan 2 di dalam dan luar wilayah Jawa-Bali, maka pemerintah akan menyeimbangkan antara rem dan gas, supaya masalah kesehatan bisa terkendali dan perekonomian bisa tetap berjalan.

"Kalau terjadi lonjakan, akan ada pengetatan lagi. Itu yang disebut antara gas dan rem secara proporsional. Kalau tinggi, mesti ditekan lagi," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA