Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peran Masyarakat Dibutuhkan untuk Merdeka dari Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 18 Agustus 2021, 10:27 WIB
Peran Masyarakat Dibutuhkan untuk Merdeka dari Pandemi
Direktur Eksekutif Al Wasath Institute, Faozan Amar/Net
rmol news logo Peran serta setiap warga negara dalam penanganan pandemi yang dua tahun melanda Indonesia sangat diperlukan guna mewujudkan suatu gerakan bersama menuju masyarakat yang merdeka dari Pandemi Covid 19.

Begitu ujar Direktur Eksekutif Al Wasath Institute, Faozan Amar kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (18/8). Pernyataan serupa disampaikan dalam diskusi publik virtual dengan tema "Merdeka dari Pandemi Covid 19”.

Hadir sebagai narasumber dalam acara itu Wakil Ketua Umum PB IDI Slamet Budiarto, anggota Komisi IX DPR RI Abidin Fikri, dan praktisi relawan Covid-19 Rahmawati Husein.

Faozan Amar mengatakan bahwa setiap warga negara harus bisa mewujudkan soliditas dan solidaritas dalam menghadapi wabah pandemi.

“Peran serta masyarakat diperlukan untuk bersama menuju masyarakat yang merdeka dari pandemi,” ujarnya.

Adapun dalam diskusi yang digelar Al Wasath Institute dalam rangka menyambut HUT ke-76 RI, Slamet Budiarto menjelaskan bahwa dalam penanganan pandemi, bangunan kordinasi dan komunikasi antar presiden, kementerian dan lembaga negara perlu ditingkatkan.

“Sejauh ini pemerintah sudah berusaha melakukan langkah-langkah yang strategis dalam penanganan pandemi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Abidin Fikri mengatakan bahwa setiap kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dan jajaran adalah bentuk upaya serius untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Implementasi setiap kebijakan yang dilakukan pemerintah harus mampu dioptimalkan guna menang melawan Pandemi.

“Selain itu, setiap masukan, kritik dan saran pun merupakan hal yang perlu dilakukan oleh berbagai elemen guna membantu pemerintah dalam mengakhiri keberlangsungan penyebaran kasus pandemi ini,” katanya.

Sedangkan Rahmawati mengingatkan agar langkah merdeka dari pandemi dilandasi oleh penumbuhan kesadaran dan peningkatan kedisiplinan bersama terhadap berbagai upaya preventif dan kuratif dilingkungan masyarakat perlu dilakukan.

“Termasuk pendisiplinan gerakan 5 M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas) dan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment),” tutup Ketua MCCC PP Muhammadiyah ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA