Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masih Lebih Mahal dari India, Nasdem Dorong Pemerintah Kembali Turunkan Harga Tes PCR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 18 Agustus 2021, 13:20 WIB
Masih Lebih Mahal dari India, Nasdem Dorong Pemerintah Kembali Turunkan Harga Tes PCR
Ilustrasi tes Covid-19/Net
rmol news logo Penetapan harga maksimal tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 450 ribu hingga Rp 550 ribu masih dirasa mahal oleh beberapa kalangan.

Ketua Bidang Kesehatan DPP Partai NasDem, Okky Asokawati mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah cepat Kementerian Kesehatan merealisasi keinginan Presiden Joko Widodo agar harga tes PCR segera diturunkan.

Sebabnya, sebelum keputusan penurunan harga tes PCR diputuskan, masyarakat memprotes harga yang ditetapkan pemerintah sangat mahal yaitu Rp 900 ribu per sekali tes. Bahkan jika dibanding India jauh lebih mahal, karena di sana masyarakat hanya dipatok Rp 96 ribu per sekali tes PCR.

"Tentu hal ini patut kita apresiasi karena ini salah satu bentuk komitmen dari pemerintah untuk menangani virus Covid-19 dari hulu yakni dari testing, tracing, treatment dan vaksinasi," ucap Okky lewat keterangan tertulisnya, Rabu (18/8).

Meski harga PCR mengalami penurunan, Anggota Komisi IX DPR RI ini berharap agar harganya bisa lebih murah lagi. Karena jika melihat India, upaya testing dan tracing menjadi lebih efektif disebabkan harga yang ditetapkan sangat murah.

Maka dari itu, Okky menekankan bahwa partai yang dikomandoi oleh Surya Paloh ini mendorong harga tes PCR bisa lebih murah lagi. Dengan begitu, pemerintah dan juga masyarakat akan lebih mudah dan lebih cepat untuk melakukan testing.

"Testing yang cepat, hasil yang cepat juga akan mempercepat penanganan pandemi. Kita berdoa agar pandemi cepat berlalu dan Indoneaia tangguh, Indonesia tumbuh," harapnya.

Harga tes PCR di Indonesia tengah menjadi sorotan. Sebab, tarif tertingginya berada di kisaran Rp 900 ribu. Bahkan, ada yang mematok hingga Rp 1 juta lebih dengan hasil tes keluar lebih cepat.

Sebagai perbandingan, Pemerintah India baru-baru ini menetapkan harga 500 rupee atau sekitar Rp 96 ribu untuk tes PCR di ibu kota New Delhi. Sedangkan biaya untuk melakukan tes PCR di rumah sebesar 700 rupee atau sekira Rp 135 ribu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA