Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kampung Susun Akuarium Wujud Kebijakan Anies Menyetarakan Derajat Manusia, Kaya dan Miskin Sama

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 19 Agustus 2021, 09:18 WIB
Kampung Susun Akuarium Wujud Kebijakan Anies Menyetarakan Derajat Manusia, Kaya dan Miskin Sama
Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara/Net
Pembangunan Kampung Susun Akuarium yang telah diselesaikan Pemprov DKI Jakarta tak sekadar sebagai janji kampanye Gubernur Anies Baswedan, melainkan sebagai wujud kebijakan pro rakyat.

Melalui Kampung Susun Akuarium, Anies Baswedan juga membuktikan sebagai penegakan kesetaraan.

"Anies ingin menunjukkan kalau derajat manusia itu setara, baik miskin maupun kaya. Memenuhi kehidupan warga dan tempat tinggal agar layak huni adalah kunci dari kesetaraan," kata Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta, Kamis (19/8).

Adib mengakui, dalam kesetaraan atau menghapus kesenjangan memang tidak bisa berjalan sendiri. "Kebijakan pembangunan Kampung Akuarium merupakan bukti Anies peduli wong cilik," kata Adib.

Adib menambahkan, kolaborasi yang digaungkan Anies Baswedan memang sudah melekat di Jakarta. Namun gerakan kolaborasi ini harus terus digeber agar terasa hingga tingkat paling bawah.

"Saya yakin jika kolaborasi di Jakarta berjalan efektif maka janji kampanye Anies akan tuntas hingga Oktober 2022," tambah Adib.

Kampung Susun Akuarium memiliki sejumlah fasilitas dengan standar seperti rumah susun sederhana yang dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Afan Adriansyah Idris mengatakan, air bersih warga diperboleh dari pipa sambungan dengan perusahaan air minum (PAM) di sekitar Penjaringan.

Sedangkan instalasi pengolahan air limbah akan disediakan tersendiri. Lalu, bangunan memiliki lebih banyak akses ruang terbuka bagi komunitas warga untuk membangun kekeluargaan di lantai dasar.

Karenanya, hunian lebih banyak ditempatkan di lantai atas dan bisa diakses menggunakan tangga. Selanjutnya, warga akan ditempatkan berdasarkan usia.

Kampung Susun Akuarium merupakan salah satu janji kampanye Anies saat Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2017. Sebelumnya, Kampung Akuarium digusur oleh gubernur terdahulu, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk pembangunan tanggul laut.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA