Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soroti Dinamika Global, JMSI Aceh Bahas Kemenangan Taliban Lewat Diskusi Daring

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 19 Agustus 2021, 11:58 WIB
Soroti Dinamika Global, JMSI Aceh Bahas Kemenangan Taliban Lewat Diskusi Daring
Lambang JMSI/Net
rmol news logo Dinamika politik global tidak lepas dari sorot pandang Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Aceh. Salah satu yang menyita perhatian adalah tentang keberhasilan Taliban menguasai Kabul secara cepat dan tanpa pertumpahan darah.

Sekretaris JMSI Aceh, Akhiruddin Mahjuddin mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar sebuah diskusi untuk membuka cakrawala masyarakat tentang situasi yang sebenarnya terjadi dan masa depan Afghanistan.

“Termasuk untuk melahirkan perspektif baru tentang Taliban yang kini de facto berkuasa di negara tersebut,” ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (19/8).

Diskusi bertajuk “Konstelasi Global Pasca Kemenangan Taliban di Afghanistan” akan menghadirkan 3 orang narasumber. Dua di antaranya merupakan wartawan senior yang sempat meliput perang di Afghanistan pada tahun 2001.

Keduanya adalah Teguh Santosa dan Imam Soemarsono. Saat perang Afghanistan, Teguh Santosa dan Imam Soemarsono meliput dari dua tempat yang berbeda. Teguh Santosa dari wilayah utara, yang berbatasan dengan Uzbekistan, sedangkan Imam Soemasono dari wilayah selatan yang berbatasan dengan Pakistan.

Teguh Santosa kini menjabat sebagai CEO RMOL.ID dan hasil pengalaman liputannya selama perang Afghanistan terangkum dalam buku “Di Tepi Amu Darya”.

Selain mengundang narasumber kedua wartawan senior tersebut, JMSI Aceh juga menghadirkan Akbar Nugroho, seorang pekerja kemanusiaan yang sejak 2011 hingga 2019 yang menetap di Afganistan dan sempat ikut dalam program UNAMA (United Nations Assistance Mission in Afghanistan).

Diskusi akan berlangsung secara daring pada Jumat (20/8), pukul 14.15 hingga 16.00 WIB. Pengurus JMSI Aceh, yang juga CEO anteroaceh.com,  Ihsan Yunadi didaulat menjadi moderator.

Diskusi terbuka untuk umum. Untuk berpartisipasi dalam kegiatan itu, dapat langsung joint lewat zoom ke alamat https://us02web.zoom.us/j/81691124795?pwd=TU1uTmEya2NmbVYyYjlKaG9rUTlpQT09 atau Meeting ID: 816 9112 4795. Passwordnya, jmsiaceh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA