Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terpilih Aklamasi, Denny JA Jadi Ketua Umum Satupena

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 19 Agustus 2021, 14:15 WIB
Terpilih Aklamasi, Denny JA Jadi Ketua Umum Satupena
Denny Januar Ali/Net
rmol news logo Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena telah selesai melaksanakan pemilihan badan pengurus untuk periode 2021-2026.

Digelar Kamis hari ini (19/8), dewan formatur Satupena telah dilaksanakan secara aklamasi. Hasilnya, Denny Januar Ali terpilih sebagai ketua umum selama lima tahun ke depan.

Mengapit Denny JA, Swary Utami Dewi duduk sebagai wakil ketua umum Satupena, kemudian Satrio Arismunandar sebagai Sekretaris Jenderal Satupena, dan bendahara dijabat Ajisatria Soelaiman.

Adapun dewan penasihat Satupena diisi oleh tujuh orang, yakni Chappy Hakim, Azyumardi Azra, Ilham Bintang, Wina Armada, Didin Damanhuri, Nasir Tamara, dan Inda Citraninda Noehadi.

Dalam menyongsong kepengurusan lima tahun ke depan, Satupena di bawah komando Denny JA memiliki tujuh rencana program. Pertama pemberian award bagi penulis terbaik. Nantinya, dalam menyambut 17 Agustus setiap tahunnya, Satupena membentuk dewan juri untuk memberikan award bagi sejumlah penulis terbaik.

Satupena dan Hatipena juga akan menjadi perpustakaan dunia bagi anggota secara gratis. Satupena akan menyediakan akses perpustakaan kepada ribuan jurnal akademik di JSTOR, dan akses kepada perpustakaan terbaik dunia (dijajaki library of conggres di AS,  Inggris). Juga dijajaki akses pada perpustakan nasional dan DPR.

Ketiga, print on demandmenerbitkan karya anggota. Satupena membuat usaha atau sekurangnya bekerja sama dengan usaha print in demand. Nantinya akan dibentuk satu tim kurator membantu teman-teman anggota menerbitkan bukunya hingga ke lay out dan ISBN.

Satupena juga akan membuat akun YouTube “Semua Tentang Penulis.” Nantinya, dua minggu sekali Satupena akan mewawancarai penulis yang berprestasi, atau yang baru saja menerbitkan karya menarik untuk menggali proses kreatif penulis yang bersangkutan untuk memberi inspirasi dan tukar pikiran.

Satupena juga akan menggelar diskusi bentuk webinar dua mingguan mengenai buku. Satupena membentuk tim sebagai forum anggota untuk bisa aktif mengikuti perkembangan terbaru soal buku ataupun peristiwa menarik setiap dua minggu.

Kemudian koneksi ke industri. Satupena akan membentuk tim mencari pola kerja sama dengan Netflix, dan sejenisnya, juga industri lain untuk menyalurkan karya penulis berupa skenario, dan lainnya agar ikut meramaikan dunia industri masa kini.

Rencana program berikutnya adalah menciptakan lingkungan kebijakan yang ramah penulis. Satupena membentuk tim agar dalam jangka panjang terbentuk kebijakan yang ramah kepada penulis, contohnya mendorong pemerintah menyetop/mengurangi pembajakan, pajak penulis yang lebih friendly, dan juga royalti penulis yang lebih memuaskan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA