Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puan Maharani Ajak Pemuda Muhammadiyah Gotong Royong Bantu Pemulihan Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 20 Agustus 2021, 11:47 WIB
Puan Maharani Ajak Pemuda Muhammadiyah Gotong Royong Bantu Pemulihan Negara
Ketua DPR RI Puan Maharani/Net
rmol news logo Pancasila yang berintisarikan semangat gotong royong telah terbukti menjadi ideologi yang hidup dan bekerja di tengah masyarakat.

Atas dasar tersebut, Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak Pemuda Muhammadiyah untuk ikut bergotong royong membantu pemulihan negara.

Permintaan disampaikan langsung dalam Pidato Kebangsaan di acara Resepsi Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 yang diselenggarakan secara virtual oleh Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah pada Kamis malam (19/8).

Puan menjelaskan bahwa Pancasila menjadi modal ideologis dan sosiologis yang kuat saat Indonesia menghadapi ancaman apapun, termasuk ancaman Covid-19. Puan menyebut, pandemi Covid hanya bisa diatasi dengan cara gotong royong atau kerja kolektif.

“Tidak bisa dikerjakan secara privat atau perseorangan. Covid-19 juga tidak bisa diatasi oleh pemerintah sendirian, tetapi harus bergotong royong dengan seluruh bangsa lainnya,” tuturnya.

Puan mengingatkan Pemuda Muhammadiyah untuk mengikuti teladan para pendahulunya yang mampu menggalang kekuatan nasional bangsa saat berjuang dan merebut kemerdekaan Indonesia. Bentuk perjuangan tersebut dinilai dibutuhkan dalam upaya memerangi virus Corona.

“Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan kekuataan nasional bangsa, Pemuda Muhammadiyah harus mengimplementasikan kembali perjuangan para tokoh pendiri Muhammadiyah terdahulu, dalam menghadapi pandemi Covid ini,” ucap Puan.

Puan lantas mengingat perjuangan sang kakek saat memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Ia mengatakan, keberhasilan Bung Karno tidak terlepas dari perjuangan banyak elemen bangsa, termasuk dari kader-kader Muhammadiyah.

“Bung Karno adalah kader Muhammadiyah dan banyak kader-kader Muhammadiyah lainnya yang telah ikut berjuang merebut dan mendirikan kemerdekaan bangsa Indonesia seperti KH Ahmad Dahlan, Ki Bagus Hadikusumo, Kasman Singodimedjo, Jenderal Soedirman dan lain-lain,” kata Puan.

Peringatan HUT ke-76 RI secara virtual yang digelar PP Pemuda Muhammadiyah diikuti oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto yang memberikan sambutan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA