Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Sambas jadi Lumbung Beras, Wamentan: Sesuai Semangat Presiden Indonesia Sentris

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 20 Agustus 2021, 14:20 WIB
Dukung Sambas jadi Lumbung Beras, Wamentan: Sesuai Semangat Presiden Indonesia Sentris
Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat bercita-cita menjadi lumbung beras/Ist
rmol news logo Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat menyongsong cita-cita untuk menjadi wilayah lumbung beras. Hal itu bukan mustahil mengingat Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalbar telah menemukan varietas unggul Padi B-36 dan B-37.

Kepala BPTP Kalimantan Barat, Dr Rustan Massinai mengatakan, varietas mampu menngkatkan hasil panen. Pada panen pertama padi varietas B-36 dan B-37, akan dihasilkan 40 ton gabah. Hasilnya pun tidak akan dikonsumsi, melainkan langsung dijadikan bibit baru dan dibagikan gratis kepada petani.

"Dengan 40 ton bibit gratis ini, insyaallah akan dihasilkan 100 ton pada panen berikutnya yang siap konsumsi," kata Rustan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/8).

Target menjadikan Sambas sebagai lumbung padi Kalbar, layaknya Kabupaten Kerawang di Pulau Jawa juga akan dicapai dengan membuat panen padi tiga kali dalam setahun menggunakan bibit varietas unggul B-36 dan B-37 temuan BPTP Kalbar.

Di sisi lain, Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qalbi menyempatkan diri hadir melakukan panen Padi di Kecamatan Pemangkat, Sambas, Kalbar. Dalam kunjungannya, Wamentan juga menyempatkan untuk memberikan bibit kelapa dalam dan jeruk sambas gratis kepada petani di Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas, Kalbar.

"Presiden punya semangat Indonesia Sentris. Artinya setiap anak bangsa, di sudut negeri manapun harus merasakan kehadiran negara. Untuk itulah kami hadir di sini," kata Wamentan.

Tekad Pemkab Sambas untuk menjadi wilayah lumbung beras pun mendapat dukungan penuh dari Kementan.

"Sektor ini sangat potensial dan insyaallah punya masa depan yang cerah," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA