Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Tuntutan Pengungsi Afghanistan saat Unjuk Rasa di Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 24 Agustus 2021, 13:32 WIB
Ini Tuntutan Pengungsi Afghanistan saat Unjuk Rasa di Jakarta
Unjuk rasa yang dilakukan pengungsi Afghanistan di depan Kantor Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) di Menara Ravindo, Jakarta Pusat/RMOLJakarta
rmol news logo Para pencari suaka asal Afganistan di Indonesia melakukan unjuk rasa di depan Kantor Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) di Menara Ravindo, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (24/8).

Salah seorang warga Afganistan bernama Mohammad Ali mengungkapkan, dirinya dan para pengungsi lainnya mendatangi Indonesia untuk mencari perlindungan lantaran negaranya sedang berkonflik dengan Taliban.

Namun ia merasa diabaikan oleh pihak UNHCR. Sebab hingga saat ini, tidak ada kejelasan terkait status mereka.

"Kami sudah bertahun-tahun di sini tapi tidak ada tindakan," kata Ali saat diwawancarai Kantor Berita RMOLJakarta di lokasi.

Ketidakjelasan ini membuat para pengungsi berulang kali melakukan demo di depan kantor UNHCR untuk mencari kepastian. Tetapi akibat unjuk rasa yang dilakukan itu, tidak sedikit dari para pengungsi menerima surat peringatan dari UNHCR, bahkan diamankan aparat kepolisian.

"Kelurga kami tidak tahu kabarnya. Apakah masih hidup? Yang kami ingin, bisa tinggal di negara ketiga," pungkasnya.

Mediasi antara UNHCR dengan para pengunjuk rasa masih berlangsung. Aparat kepolisian dari Polres Jakarta Pusat pun diterjunkan untuk mengamankan lokasi. Sementara lalu lintas di kawasan Kebon Sirih dialihkan sampai waktu yang belum ditentukan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA