Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berbusana Bali di Sidang Tahunan, Cara Puan Maharani Ajak Masyarakat Indonesia Mau Divaksin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 24 Agustus 2021, 21:34 WIB
Berbusana Bali di Sidang Tahunan, Cara Puan Maharani Ajak Masyarakat Indonesia Mau Divaksin
Ketua DPR RI Puan Maharani saat gunakan busana Bali di sidang tahunan/Net
rmol news logo Busana adat yang dikenakan Ketua DPR RI, Puan Maharani pada sidang paripurna DPR RI pada 16 Agustus 2021 lalu, menjadi cara politisi PDI Perjuangan untuk memberikan apresiasi kepada Propinsi Bali.

Provinsi Bali menjadi provinsi yang paling cepat mencapai target vaksinasi. Cakupan vaksinasi di Pulau Dewata tersebut kini di atas 90 persen.
 
“Makna busana Puan itu mengajak masyarakat Indonesia untuk mau divaksinasi, dan mempercepat vaksinasi seperti di Bali,” kata pengajar komunikasi kolitik  Universitas Indonesia (UI), Ari Junaedi, kepada wartawan Selasa (24/8).

Ari mengatakan, vaksinasi oleh pemerintah adalah salah satu hal yang terus diawasi Puan sebagai pimpinan lembaga legislatif yang mempunyai fungsi ‘checks and balances’.  

"Kita tahu selama ini Puan memang concern dengan ketersediaan vaksin, pemerataan vaksin, bahkan mendorong adanya vaksin untuk anak di bawah 12 tahun," katanya.

Menurut Ari, busana dengan sentuhan  Bali yang elegan adalah simbol optimisme bagi kebangkitan wisata, budaya, dan ekonomi Pulau Dewata setelah mencapai target vaksinasi.

“Ibu Puan ingin menyampaikan bahwa setelah semua daerah mencapai target vaksinasi dan herd immunity, kita optimis roda ekonomi yang mensejahterakan rakyat bisa berjalan lagi. Tidak cuma di Bali, tapi semua penjuru negeri,” terangnya.

Pakar busana Bali Anak Agung Ngurah Anom Mayun K. Tenaya menjelaskan, busana yang dikenakan Puan Maharani sebenarnya itu bukan Payas

Karena di Bali, pakaian adat Payas Agung hanya boleh dikenakan saat pelaksanaan Upacara Manusa Yadnya Utama oleh kalangan tertentu.

"Yang dipakai Puan adalah busana modifikasi madya. Hasil modifikasi rias bali, bukan pakaian adat," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA