Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saiful Anam: Tragedi Nanggala 402 Penghambat Yudo Margono Dapatkan Kursi Panglima TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 25 Agustus 2021, 15:05 WIB
Saiful Anam: Tragedi Nanggala 402 Penghambat Yudo Margono Dapatkan Kursi Panglima TNI
KSAL Laksamana Yudo Margono/Net
rmol news logo Insiden tenggelamnya kapal selam Nanggala 402 dianggap menjadi salah satu kegagalan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. Tragedi yang menghilangkan 53 nyawa prajurit itu juga dinilai jadi penghambat karirnya menjadi Panglima TNI.

Pakar politik dan hukum Universitas Nasional (Unas), Saiful Anam mengatakan, insiden tenggelamnya kapal selam Nanggala 402 telah terstigma di masyarakat bahwa Laksamana Yudo sudah gagal dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Menurut saya sudah tertutup kemungkinan bagi KSAL Yudo untuk dapat dipercaya menjadi Panglima TNI. Presiden Jokowi dan DPR tentu bukan tidak mungkin akan juga menilai demikian," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (25/8).

Sehingga kata Saiful, menurutnya KSAL Yudo sangat sulit dipilih menjadi Panglima TNI. Sebab, kinerja utamanya dalam melakukan perawatan terhadap perlengkapan dan peralatan TNI AL dianggap tidak berhasil.

Apalagi, insiden tenggelamnya kapal selam Nanggala 402 bukan hanya menjadi sorotan masyarakat Indonesia, tetapi juga internasional.

"Selain itu bisa jadi Internasional baik Amerika maupun China tidak berkenan bagi Indonesia untuk memilih KSAL Yudho untuk menduduki jabatan tertinggi dalam TNI," pungkas Saiful.

Nama lain yang digadang berpotensi menggantikan Hadi Tjahjanto adalah KSAD Jenderal Andika Perkasa.

Meski dia akan pensiun di akhir tahun 2022, sosoknya dianggap tepat memimpin TNI karena rekam jejaknya bisa menjadi sosok yang bisa membawa TNI disegani di lingkungan internasional. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA