Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Indikator: PDIP Paling Atas, Kedua Gerindra dan Disusul Golkar serta Demokrat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 25 Agustus 2021, 15:43 WIB
Survei Indikator: PDIP Paling Atas, Kedua Gerindra dan Disusul Golkar serta Demokrat
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi saat merilis hasil survei terbarunya, Rabu, 25 Agustus/Repro
rmol news logo Tingkat elektabilitas partai politik menjelang Pemilu Nasional 2024 kembali diukur dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia.

Dalam rilis survei bertema "Evaluasi Publik terhadap Kebijakan Penanganan Pandemi, Vaksinasi dan Peta Elektoral Terkini" indikator Politik Indonesia mencatat sejumlah partai yang bertengger diurutan paling atas.

Di mana, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyebutkan, PDI Perjuangan menempati posisi puncak dengan tingkat elektabilitas tertinggi. Kemudian Partai Gerindra di posisi runner-up dan Partai Golkar dan Demokrat pada urutan selanjutnya.

Kata Burahanuddin, hasil survei yang didapatnya tersebut berasal dari pertanyaan yang disodorkan pada responden jika Pileg dilakukan hari ini.

"PDIP teratas dengan 24.4 persen. Kemudian Gerindra 12.8 persen, Golkar dan Demokrat masing-masing sekitar 9 persen," ujar Burhanuddin saat memaparkan hasil surveinya.

Di urutan selanjutnya, Burhanuddin menyebut Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapat tingkat elektabilitas sebesar 8,2 persen atau berada di posisi keempat. Lalu disusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 7 persen, PPP 3,9 persen, Nasdem 3,5 persen dan Partai Amanat Nasional (PAN) 2,2 persen.

"Partai-partai lain lebih sedikit didukung warga. Masih
ada 17 persen yang belum menjawab," demikian Burhanuddin Muhtadi.

Survei Indikator Politik Indonesia yang digelar sejak 30 Juli hingga 4 Agustus 2021 ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 orang serta toleransi kesalahan (margin of error/MoE) sekitar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional dengan quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check).

Turut hadir narasumber dalam acara tersebut antara lain Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi,  Politkus Partai Gerindra Habiburokhman, Politikus PDIP Aria Bima. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA