Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siapkan 5 DPSP untuk KTT G20, Pemerintah Gencar Bangun Faskes, Telekomunikasi dan Infrastruktur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 25 Agustus 2021, 22:58 WIB
Siapkan 5 DPSP untuk KTT G20, Pemerintah Gencar Bangun Faskes, Telekomunikasi dan Infrastruktur
Ilustrasi G20/Net
rmol news logo Persiapan menghadapi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun 2022 dimulai pemerintah dengan salah satunya meningkatkan kualitas lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves), Luhut Binsar Pandjaitan, memimpin Rapat Koordinasi Dewan Pengarah lima DPSP secara virtual, pada Selasa malam (24/8).

Turut hadir dalam rakor Menteri ATR/BPN, Mendikbudristek, Direktur Jenderal Cipta Karya, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur NTB, Wakil Gubernur NTT, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Bupati Magelang, Bupati Manggarai Barat, Bupati Karo, Bupati Simalungun, Bupati Toba Samosir, Bupati Tapanuli Utara, Bupati Humbang Hasundutan, Bupati Samosir, Bupati Pakpak Bharat, dan Bupati Dairi.

"Tujuan utama dalam peningkatan kualitas di lima DPSP berfokus pada peningkatan fasilitas kesehatan, integrasi data berbasis sistem informasi geografis dan ketersediaan infrastruktur," ucap Menko Luhut dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/8).

Terkait dengan fasilitas kesehatan, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, yang hadir dalam rakor virtual menjelaskan tentang peningkatan sebaran puskesmas dan rumah sakit pada lima DPSP, serta digencarkannya vaksinasi.

"Vaksinasi di lima DPSP melalui data Kemenkes, yang sudah tinggi di wilayah Sumatera Utara dan Sulawesi Utara. Sementara yang masih rendah di daerah Jawa Tengah, NTT dan NTB," jelas Menkes Budi.

Selanjutnya, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, memaparkan tentang percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

"Terkait dengan akses internet, di Mandalika telah dibangun 74 titik, Labuan Bajo 153 titik, Danau Toba 123 titik, Borobudur 1 titik dan Likupang 7 titik," jelasnya.

Secara umum, seluruh kementerian dan lembaga terkait akan berkoordinasi dan bersinergi untuk memastikan percepatan pembangunan dan peningkatan kualitas di kelima DPSP berjalan secara maksimal.

Menko Luhut menekankan bahwa lima DPSP akan disiapkan sebagai bagian dari rangkaian acara internasional Konferensi Tingkat Tinggi G20 pada tahun 2022.

"G20 ini akan menjadi ajang pertunjukan bagi peserta dan wisatawan terhadap destinasi pariwisata berkualitas yang bertumpu pada pelestarian lingkungan hidup, pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan pemuliaan nilai-nilai tradisional," pungkas Luhut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA